Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.


QCC dan Line Followers 2011 adalah salah satu program dari anak - anak BEM dan Prodi Mekatronika di kampusku Politeknik Manufaktur Astra yang telah diselenggarakan pada tanggal 20 desember 2011, kemarin.

syukurlah acaranya dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan para panitia kedua acara tersebut, acara tersebut memang berbeda dan tak sama, namun penyelenggaraannya pada waktu dan tempat yang sama, dimana semua audience QCC berarti audience Line Followers 2011 juga. karena jika acara QCC break maka akan dilanjutkan oleh Line Followers 2011 begitu sebaliknya.

pertama QCC, QCC adalah singkatan dari Quality Control Circle merupakan sebuah menegment perusahaan yang menjadi donatur langsung dan tunggal institutku Politeknik Manufaktur Astra, PT Astra International Tbk. menejment ini berbicara mengenai upaya kita untuk terus melakukan peningkatan - peningkatan terhadap kualitas sebelumnya atau dalam bahasa jepangnya KAIZEN. 

melalui QCC diharapkan kita akan mampu terus mengembangkan inovasi-inovasi dalam kegiatan kita dan secara tidak langsung itu akan menciptakan rasa inisiatif yang kuta untuk terus berbuat dan bertindak untuk terus maju dan berkembang.

karena QCC tidak akan pernah tercipta melalui inisatif yang tinggi, rasa inisiatif tidak akan pernah muncul apabila kita tidak memiliki rasa kepunyaan terhadap apa yang sedang kita jalani, namun entalah saya pun masih bingung urutan yang sebenarnya itu apa, apakah kita harus mencitai dulu apa yang kita jalani, selanjutnya inisiatif muncul dan barulah ber QCC atau ber QCC sehingga kita muncul inisiatifnya dan akhirnya kita mencintai apa yang kita jalani.
atau kedua -duanya benar ? entahlah, itu adalah pendapat kita masing - masing.

balik lagi ya.
untuk dapat ber QCC kita juga harus memiliki satu manegment lagi yakni PDCA (Plan, Do, Check and Action) merupakan merencanakan apa - apa yang ada, lalu melaksanakan setiap apa yang telah direncanakan, dan menilai apa yang telah di laksanakan baik di saat melakukan atau setelah melakukan tujuannya adalah agar dapat mengambil kesimpulan yang mempengaruhi action atau tinjakan kita selanjutnya terhadap apa yang sudah dilaksanakan.

menurut asal usulnya QCC boleh dikatakan sebuah menejment hasil dari improvment atau perbaikan dari manejment jepang yang sebutkan diwal tadi yakni Kaizen. lalu apa bedanya ? tak ada, hanya saja diperoleh tambahan - tambahan disana sininya.
gimana mengenai QCC sudah jelaskah ? semoga.

kedua, Line Followers 2011
yah mungkin kalo dalam bahasa indonesianya kalo orang awam menyebutnya, para pengikut garis. :)). yah bolehlah disebut demikian karena acara ini merupakan acara pemapilan robot robot yang beregerak mengikuti jalur garis garis yang ada.

robot - robotnya merupakan robot - robot mini yang berukuran seperti mobil mobil tamia (mobil mainan), tujuan dari acara ini adalah sebagai bahan pemacu para mahasiswa / i di kampus khusus nya prodi Mekatronika sekaligus mempertunjukan keahlian para rekan - rekan dibidang tersebut kepada seluruh warga Polman Astra.

persiapan para peserta kurang lebih berjalan selama satu bulan, apalagi sang panitia. kebetulan salah satu rekan ku terlibat didalamnya sebagai ketua acara (CEO).

oh ya sampai lupa, sebenarnya acara dikampus kemarin itu bukan hanya dua ini, tapi juga ada satu lagi yakni skill competition, yang merupakan acara yang bertajuk pertarungan para bapak karyawan di bawah Astra International Group dan juga rekan - rekan dari P4 (Tools Maker) Politeknik Manufaktur Astra. dan syukurlah salah satu rekan berhasil lolos dan mengalahkan bapak2 karyawan yang sudah lama sekali berkecimpung dengan mendapatkan juara pertama. sykurlah.

Next,
Skill Competition adalah kontes yang menampilkan kemampuan kemampuan teknik dibidang bench work (kerja bangku), kerja bangku (Ngikir and Gergaji). bagi rekan - rekan yang pernah mengalami bench work ini mungkin tahu benar betapa beratnya.

 dalam dunia teknik kerja bangku boleh kita sebut sebagi Psikologinya para peteknik, bagaimana tidak hasil yang akan kita peroleh pada saat kerja bangku akan sangat sama dengan kondisi psikolog kita saat itu, marah, sedih, senang, tenang, kacau dan sebagainya semuanya akan tergambar. :)
demikianlah.

so skillnya dimana ? jangan salah, untuk mampu melakukan dengan baik bench work tidak dapat kita peroleh dalam waktu yang sangat singkat minimal satu bulan dan itupun tidak cukup untuk membangun psikologi yang baik. intinya meskipun keadaan kita saat itu sedang baik, jika kita tidak memiliki skillnya maka semuanya akan menjadi nol dan sebaliknya jika skillnya kita sudah punya namun keadaan psikologi kita sedang tak baik maka akan sia sia lah skill kita. :)

itu saja.

8 komentar

  1. sebuah program enterpreneurship yang bagus dan mencerahkan di sela2 kesibukan kuliah.

    BalasHapus
  2. @sawali tuhusetya

    ya pak..

    sebagai tambahan untuk QCC merupakan salah satu mata kuliah dikampus.. :)

    BalasHapus
  3. nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok thanks..

      #ini terus comentnya, hauahahahha. pura2 gak tahu ..

      Hapus
  4. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok thanks..

      #ini terus comentnya, hauahahahha. pura2 gak tahu ..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya. SIlahkan berikan komentar. :)