Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.




Nah, gambar tersebut sengaja dipajang sob, ya inilah saya, saya gak mau apa yang saya pajang disini tidak memberikan manfaatnya bagi rekan-rekan saya yang jauh jauh hanya buat buka tulisan tulisan saya.

hari ini saya kembali kekampus untuk memastikan hasil akhir kegiatan perkuliahan di semester 3 ini, sebenarnya sudah tidak ada niatan sama sekali untuk pusing pusing berkutik dikampus mencari tahu sana sini mengenai nilai saya, namun inilah panggilan jiwa tidak ada orang yang mampu menolak panggilan hatinya dan jika ia menolak ya saya pastikanhal itu hanya akan jadi bebannya.

bersama anton (teman akrab saya) saya melangkah dengan tegap menuju kampus, akhirnya bertemu dengan orang yang dituju salah satu bagian kemahasiswaan dikampus pendek obrolan kami dan saya pun to the point dan akhirnya beliau menunjukan salah satu hasil ujian matakuliah yakni Elemen Mesin.

jujur dari awal saya sangat yakin jika apa yang saya lakukan sudah sepantasnya mendapatkan nilai A, namun semua itu terjadi saya mendapat nilai B. semua terasa hancur seperti hilang semua harapan saya dan tak tentu arah jadinya. saya pulang dari kampus dengan pikirna yang melayang dan tak fokus sama sekali.

akhirnya untuk menghilangkan stress saya mencoba tuk share di facebook (Klik disini), namun masih tak terobati, selama dua jam lebih saya mengutak atik semua isi progran yang ada di facebook dan blog saya malah membuat pikiran saya semakin tak tenang. sembari membuat pikiran menjadi tenang saya melihat lihat dibagian getget teman yang On Line on Facebook akhirnya saya menemukan saya satu 'teman' saya disana.

beliau ini adalah salah satu motivator yang sebenarnya beliau dan saya adalah hubungan antara dosen dan mahasiswa yang  meskipun tak pernah tatap muka sama sekali setelah beliau tidak pernah mengisi materi di kelas saya. sebut saja beliau dengan nama bapak pak Luqi (nama disamarkan ya, maaf pak saya tidak ijin kembali dengan menyebutkan nama bapak). saya sharing dengan beliau, saya ungkapkan semua perasaan saat ini walaupun tidak secara langsung namun dengan responya beliau mengerti dengan kondisi ini. berikut cuplikannya. S=Saya , P = Pak Luqi.

S : asalamualaikum pak , pak minta sarannya pak
ketika hasil sudah ditentukan bolehkah menggugat dan berniat memprbaiki ??

P : hasil itu sudah kembali menjadi milikNya (Tuhan) 
yang kita perbaiki adalah prosesnya 
sehingga hasilnya dimasa datang jauh lebih baik
S: apakah benar pak ketika kita sudah merasa 
proses kita baik dan hasilnya akan memuaskan 
itulah awal dari kegagalan kita pak ?

 P :  tidak ada kata gagal untuk 
orang yang berani ambil tindakan dan melakukan proses dengan benar 
yang gagal adalah org yg tidak bertindak.
boleh kita mengharapkan hasil yang memuaskan

S: namun ketiaka kita dihadapkan 
dengan seorang yang melakukan proses tidak benar namun ia mendapatkan kesuksesan itu.
hal apa sebaiknya kita lakukan pak, mengapa hal itu dijadikan Keputusan-Nya ???


P: apa sih yang menjadi patokan kesuksesan itu?
Apa pendapatmu tentang Gayus Tambunan, Nazarudin, dkk?
sukses seperti apa yang kamu inginkan?

untuk membalas pesan beliau yang ini saya menghabiskan waktu, kira kira lima belas menit, mata saya mulai berkaca kaca, saya terlalu menggugat keadaan kepada tuhan, kepada sang maha segalanya. saya malu pada diri saya sendiri. malu. namun tiba tiba saya kembali mencoba untuk menenangkan emosi. mengembalikan keadaan menjadi lebih baik kembali. saya teringat peda sebuah tulisan saya. 

S: terimakasih banyak pak. saya lupa 
dengan tulisan saya selama ini, 
saya tidak membacanya dan mengahayatinya lagi,
hanya tertempel didalam sebuah blog belaka pak.  
terimakasih banyak pak atas pencerahannya.  
semoga allah SWT selalu memberikan 
perlindungan dan kasih sayangnya 
pada bapak dan keluarga.

amin.
 

saya pikir beliau tidak akan kembali membalas pesan saya dengan panjang lebar namun ternyata beliau menyimulkan obrolan kami itu.

P:  Aamiin YRA
Jujur dan Kaya itu BISA dan banyak contohnya
Kaya dan bahagia akhirat juga banyak contohnya
kaya dan keluarga harmonis
Jgn fokus pada org yg sukses dengan cara merugikan org lain
Semoga banyak manfaatnya
TETAP FOKUS dan SEMANGAT!

tulisan yang saya maksud adalah gambar diatas namun jika rekan - rekan ingin lebih puas bisa membacanya di bagian bawah blog ini. :D 
semoga percakapan yang sedikit diatas mampu memperbaiki kondisi rekan rekan yang mungkin juga mengalami kondisi yang sama dengan saya atau lebih parah dari kondisi saya saat ini. dan juga harapan saya semoga tulisan ini bisa menjadi pengingat kembali kita kepada yang maha kuasa bahwa setiap apa yang telah terjadi pada kita adalah murni dengan kehendak-Nya. 

sungguh tak pantas jika kita kecewa dengan keputusan-Nya meskipun kita telah melakukan yang terbaik terhadap apa yang telah kita lakukan dengan cara yang baik dan benar pula. apalagi kita tidak melakukan apa apa terhadap hidup kita hal itu akan sangat memalukan jika kita mengeluh dan kecewa dengan semuanya.


Sekian
Semoga Menginspirasi

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

alhamdulilah salah satu janji saya yang satu ini telah terpenuhi yah mungkin dulu untuk simbol blog saya masih asal ambil aja di google, yah maklum namanya anak masih labil jadi asal aja buat ngapain.

# heheheheheheheh

nah, sekarang tak akan pernah ada beban lagi dalam mengeblog :
1. semua postingan saya sudah saya jamin kan 100 % karya saya seorang diri
2. logo blog saya semakin menambah percaya diri saya karena 100% karya diri saya sendiri.

hmm, saya mau ngucapin terimakasih yang sebesar besarnya buat rekan yang udah ikhlas logonya saya plagiat buat jadi logo saya. mohon maaf juga kalo ini disebut pelanggaran hak cipta.

#jangan dilaporin sama pak polisi ya...

ini logo yang saya plagiat kan :




yah hampir 2 bulan lebih saya menggunakan logo tersebut namun jujur bathin saya sungguh tak enak ketika melihatnya.
namun sekarang saya tak akan pernah menjadi was was karena semua sudah terobati dengan logo sederhana hasil karya saya sendiri :












hehehehe, sengaja konsepnya cerah biar yang dateng keblog dan baca baca, selalu happy ...
amin

# senang dah pokonya ...

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb. 

bagi anda yang memiliki kendaraan roda dua maupun lebih, ada baiknya anda mengetahui hal berikut mengenai sistem lubrikasi.

Lubrikasi merupakan sistem pelumasan dan atau pendinginan yang dilakukan pada mesin dan komponen – komponen didalamnya untuk menjaganya supaya tidak mengalami gesekan (friction) dan keausan (wear) sehingga selalu dalam kondisi yang prima atau setidak – tidaknya mendekati prima.
Pada berbagai jenis mesin dan peralatan yang sedang bergerak, akan terjadi peristiwa pergesekan antara logam. 

Oleh karena itu akan terjadi peristiwa pelepasan partikel-partikel dari pergesekan tersebut. Keadaan dimana logam melepaskan partikel disebut aus atau keausan. Untuk mencegah atau mengurangi keausan yang lebih parah yaitu memperlancar kerja mesin dan memperpanjang usia dari mesin dan peralatan itu sendiri, maka bagian bagian logam dan peralatan yang mengalami gesekan tersebut diberi perlindungan ekstra dengan menggunakan pelumas.

Dalam pelaksanaannya, lubrikasi mesin harus memiliki beberapa indikator yang harus diperhatikan supaya lubrikasi yang dilakukan memiliki pengaruh yang optimal serta sesuai fungsi yang diinginkan pada mesin. Pada mesin – mesin baik kendaraan maupun sejenis diesel dan sebagainya terdiri dari komponen – komponen yang mendukung terjadinya proses lubrikasi, seperti mengendarkan oli keseluruh mesin, menyaring oli yang digunakan, memisahkan oli yang sudah dan belum digunakan dan hal – hal lainnya yang sangat berkaitan dengan sistem pelumasan, berikut ini beberapa komponen – komponen mesin

Dalam pelaksanaanya lubrikasi tidak dapat kita laksanakan dengan begitu saja tanpa adanya tata cara atau langkah – langkah yang pasti karena semuanya sangat berkaitan dengan mesin kendaraan jadi jika terjadi kesalahan sedikit maka akan sangat fatal yang terjadi pada mesin kendaraan itu sendiri.

Tujuan dari prosedur ini adalah untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana mengganti filter oli dengan spesifikasi pabrik. Sebelum menghapus suatu filter oli, pertama mengacu pada Manual Servis untuk kendaraan dan mengidentifikasi jenis filter yang dibutuhkan.


Download Materi


Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam) 
Salam Sejahtera 
Asalamualaikum Wr. Wb.

Mesin dengan putaran 4 (tak) adalah mesin dengan mesin pembakaran dalam yang empat langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran. Putaran empat tak lebih irit dan pembakarannya lebih bersih dari putaran dua tak, tetapi membutuhkan lebih banyak bagian yang bergerak dan keahlian pembuatan. Dia juga lebih mudah dibuat dalam konfigurasi multi-silinder dari dua tak, membuatnya sangat berguna dalam aplikasi tenaga-besar seperti mobil.


intake (induction) stroke

compression stroke

power (combustion) stroke

exhaust stroke






Dalam pelaksanaannya, lubrikasi mesin harus memiliki beberapa indikator yang harus diperhatikan supaya lubrikasi yang dilakukan memiliki pengaruh yang optimal serta sesuai fungsi yang diinginkan pada mesin. 

Lubrikasi yang dilakukan pada mesin harus memperhatikan kapasitas lubricant (oli) dan kualitas lubricant yang diberikan seperti kekentalan (viskosity) dan umur lubricantnya.  Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan seperti pada beberapa kejadian berikut ini:
  1. Oli kurang.akibatnya mesin cepat panas dan bisa mati
  2. Oli sudah terlalu lama,akibatnya mesin cepat panas dan cepat aus
  3. Oli terlalu kental, akibatnya celah-celah mesin yang sempit tidak terjangkau sistem pelumasan,bisa menyebabkan mesin rusak.
Kekentalan lubricant yang digunakan untuk masing – masing mesin berbeda – beda  salah satu hal yang berpengaruh adalah jenis pembakaran yang terjadi didalam mesin tersebut. Berikut ini tipe-tipe mesin bensin berdasarkan siklus proses pembakaran adalah :  

1. Mesin satu tak, setiap langkah piston terjadi proses pembakaran.
2. Mesin dua tak, memerlukan dua langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran.
3. Mesin empat tak, memerlukan empat langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran.
4. Mesin enam tak, memerlukan enam langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran.
5. Mesin wankel (rotary engine/wankel engine). memerlukan satu putaran penuh rotor dalam satu siklus pembakaran.
 

Pada mesin – mesin baik kendaraan maupun sejenis diesel dan sebagainya terdiri dari komponen – komponen yang mendukung terjadinya proses lubrikasi, seperti mengedarkan oli keseluruh mesin, menyaring oli yang digunakan, memisahkan oli yang sudah dan belum digunakan dan hal – hal lainnya yang sangat berkaitan dengan sistem pelumasan

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulilah, menjelang peringatan kelahiran baginda rasulullah SAW yang dalam bahasa arabnya sering kita kenal dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, AVo ( Asy-syabab Voice) kembali diundang dalam acara peringatan tersebut. namun kali ini saya tidak akan menjelaskan secara panjang lebar mengenai AVo, namun saya akan mengajak rekan rekan sekalian berpetualang jauh kezaman sesaat setelah wafatnya baginda Rasulullah SAW.

sering kali kita mendengar ada beberapa orang yang mengucapkan bahwa peringatan ulang tahun ( hari kelahiran) adalah sesuatu yang bid'ah atau mengada-ada dari ajaran allah dan para rasulnya namun ada juga orang yang berkata bahwa peringatan tersebut semata mata karena kita mencitai orang yang kita sayangi, kembali kita mengenai maulid Nabi.

rekan - rekan, sebelumnya akan saya tegaskan sebuah larangan dari Allah SWT jika kekasih-Nya saja sudah diberlakukan larangan tersebut apalagi kita sebagai pengikutnya sebagai makhluknya yang tiada berdaya jangan kita, rasulullah adalah orang yang dosanya sudah dipastikan tidak memiliki dosa dan beliau akan masuk surga namun beliau begitu rajinnya ibadah dan menjaga diri dari perbuatan dosa.

rekan-rekan tentang maulid nabi, silahkan rekan-rekan telaah alquran dan hadist mengenai hari peringatan kelahiran tersebut, sudah dipastikan itu tidak ada sama sekali hukumnya, bukankah kita tahu bahwa yang disebut dengan hadist yang memperkuat ibadah sunnah kita adalah sebuah:

1. perkataan nabi Muhammad SAW
2. perbuatan nabi  Muhammad SAW
3. reaksi nabi Muhammad SAW

Rosullullah tiada pernah sekalipun merayakan hari kelahiran nabi yang lain ataupun para sahabat ataupun para pengikutnya.

sedangAllah SWT telah mengisyaratkannya melalui Firman-Nya didalam Al-quran :

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu 
agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu 
nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu 
jadi agama bagimu. 
(Q.S. Al Maidah: 3)

Ayat di atas menjelaskan bahwa agama islam telah sempurna tidak boleh ditambah dan dikurangi, maka orang yang mengadakan perayaan maulid Nabi yang dibuat setelah rasulullah shallallahu `alaihi wasallam wafat berarti menetang ayat ini dan menganggap agama belum sempurna masih perlu ditambah. Sungguh peringatan maulid bertentangan dengan ayat di atas.

banyak ulama yang berpendapat mengenai peringatan ini namun mereka pra shohih ini juga menambahkan bahwa mengenai kelahiran nabi Muhammad yang kepastiannya juga tidak diketahui, mengenai hal itu (klik disini), namun dengan penjelasan penjelasan diatas insyaallah semuanya akan terjawab.

hmm ya sedikit tambahan bagi rekan rekan yang masih ngotot mengenai definisi maulid nabi adalah sebagai bentuk rasa sayang dan cinta kita kepada Baginda Rosulullah SAW mungkin syair ini akan membantu.

لَوْ كَانَ حُبُّكَ صَادِقاً لَأَطَعْتَهُ إِنَّ المُحِبَّلِمَنْ أَحَبَّ مُطِیْعُ

Jikalau cintamu kepadanya tulus murni, niscaya engkau akan mentaatinya.
Karena sesungguhnya orang yang mencintai akan patuh terhadap orang yang dicintainya

#indah bukan syairnya, namun begitulah hakikatnya jika benar benar kita menyangi dan mencintai Rosulullah SAW, sudah pastinya kita akan patuh, taat, meninggalkan bi'dah dan bukan malah melakukan dan membuat ajaran baru seolah apa yang beliau bawa masih banyak kekurangan padahal ISLAM itu sudah sempurna tak perlu ditambahkan dan dikurang kurangi. :)

jika belum, rekan rekan bisa menambah pengetahuan, mengenai siapa sebenarnya pencetus maulid Nabi ini pada walanya.

Download disini

sekian semoga menginspirasi.

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

Sebenarnya rencana pagi ini adalah  saya selesai mencuci kerajaan pakaian kotor saya mau mengikuti acara PMB di kampus untuk penyaringan mahasiswa yang akan mendapatkan Beasiswa prestasi dan unggulan. tapi rencana saya harus saya batalkan bukan karena saya gak punya waktu, tapi gara - gara komunikasi yang benar benar gagal.

hari kamis kemarin, 26 januari 2012 sebenarnya untuk panitia sudah dipilih dan ditunjuk dan sistem pemilihannya pun tak jelas apalagi dengan kondisi program studi saya yang masuk dan pulangnya sama sekali tak terjadwal kadang kepagian terkadang kemalaman. pokoknya prodi ter-"Aneh". (Tapi saya tetap enjoy kok)

sistem pemilihannya adalah akan ditunjuk salah satu mahasiswa yang akan mengajak mahasiswa lain. nah kebetulan saya tidak ditunjuk sama sekali ( mungkin memang tidak kompeten ya ?) dan saya pun tidak punya informasi sama sekali mengenai pemilihan itu. hal hasil tanggal 26 januari berakhir. :)

keesokan harinya jumat, 27 januari 2012, saya tetap kekampus seperti biasa walaupun tidak ada permasalahn lagi dikampus, (hehe, gayanya anak rajin), hmm sempat baca baca di perpustakaan dan saya baru ingat kalo buku saya yang selama saya baca di kontrakan adalah buku milik perpustakaan dan itu sudah saya pinjam kurang lebih dua bulan yang lalu sedang batas peminjaman hanya 2 minggu saja dan jika lewat dari tenggat waktu maka akan diberikan denda Rp. 500 / minggunya. (artinya saya harus bayar Rp. 3000 lumayan kan buat naek angkot), tapi saya berncana mengembalikan yah kira-kira satu bulan lagi lah. :)

mulai tumbuh rasa bosen di perpustakaan saya bersama rekan saya yang sedari tadi bersama. :) . segera menemui salah satu instruktur yang akan memberikan result mengenai jam minus yang harus kami bayar akibat keterlambatan absensi, kerusakan alat dan sebagainya. alhasil jam minus saya 5 jam. dan itu harus dibayar lembur malam ikut produksi di kampus. (Semangat .. )

lanjut mengenai, panitia PMB, saya kebetulan bertemu dengan adin salah satu sohib AVo. ternyata dia tahu mengenai Panitia PMB namun kabar buruknya adalah kuota Panitia sudah terpenuhi. namun saya tidak pantang menyerah, saya segera menghubungi fandy (AVo juga ) teranyata beliau yang jadi koordinatirnya, beliau juga mnegatakan demikian jika kuota sudah terpenuhi. akhirnya saya memberikan permohonan untuk di bantu bisa berpartisipasi. beliau mengiyakan.

pembicaraan yang cukup alot dengan beliau, akhirnya tepat pukul 20.00 WIB (gak tepat banget sih, lebih 10 menit kalo gak salah ). saya memberikan pesan singkat jika saya siap dipanggil jika saya dibutuhkan. dan beliaupun kembali mengiyakan. :)

akhirnya hari ini, sabtu, 28 januari 2012, pukul 06.00 WIB kembali saya mengingatkan beliau, sayangnya beliau belum berada di lapangan, namun beliau tetap akan memberikan informasi. akhirnya saya berinisiatif mencuci sang kerajaan pakaian kotor saya, sayangnya saya tidak bawa handphone ke kamar mandinya. sedang cucian cukup membludak, buktinya saya mampu menyelesaikannya hingga pukul 08.00 WIB (tuh kebayangkan banyaknya).

betapa kagetnya saya, pesan singkat akhi fandy masuk jam 06.45 WIB
yang bertuliskan :

asalamualaikum akhi, 
ente datang aja ya 
pakek celana dasar hitam, dan jas almamater 
dengan dalaman putih ya akh, 
ditunggu paling telat pukul 07.00 ini ya ...
syukron.

sontak kaget, terasa menyesal namun saya tetap tersenyum sungguh indah ciptaan allah yang maha kuasa semuanya pasti ada hikmahnya, akhirnya saya mengirimkan pesan kembali pada beliau saya mengucapkan permohonan maaf yang sebesar -besarnya atas janji diplomatis yang sok pasti namun tak ditepati. :(

dan akhirnya dengan terpaksa besok senin saya harus kembali kemkampus, bayar jam minus dimalam harinya serta bersibuk sibuk ria tanyakan hasil UAS disiang harinya.
tapi saya tetap enjoy. . .

sekian semoga menginspirasi.

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

Hari nampaknya ujian Mekanika Fluida saya, sangat tidak memberi kan kepuasan pada saya. harapan saya pada saat mengikuti ujian ini adalah saya tidak melakukan coretan didalam pekerjaan saya. tapi lagi lagi saya harus menyoret dan menghapus tulisan. hingga puluhan kali rasanya. al hasil terlalu banyak coretan didalam pekerjaan saya itu. ingin rasanya memanggil sang pengawas lalu menukar dengan kertas lain, namun masih ada satu soal yang belum dikerjakan sedang waktu hanya tinggal 30 menit saja itupun sudah diberi tambahan.

kejadian ini bukan tanpa sebab. ketidak yakinanku akan rumus - rumus yang telah saya buat, tanya sana sini membuat saya semakin ragu pada jawaban saya itu, apalagi banyak rekan rekan yang lain bertentangan dengan jawaban saya itu, tapi saya meyakininya tapi ragu juga.

jadi ingat dengan sebuah buku yang dulu pernah saya baca mengenai Psikologi Sosial dimana contoh kasus yang dihadirkan sama persis dengan apa yang saya alami tadi pagi.
disana dijelaskan bahwa sebuah keputusan yang harus diambil oleh seorang mahasiswa yang sedang mengikuti tes ujian akhir, dia sudah sangat yakin dengan semua jawaban yang ia miliki namun akibat pengaruh lingkungan temannya yang mayoritas sangat berbeda dengan jawaban yang dia miliki.

#tertawa saya mengingat tulisan itu, yang saya alami langsung hari ini.

jika kita tinjau, semuanya adalah kembali pada kepercayaan dan keyakinan akan kebenaran suatu hal, sebuah keyakinan jika tanpa sebuah teori yang jelas dan mendasar jika dihadapkan dengan sebuah teori yang sangat simple dan sepele namun teori tersebut banyak digunakan dan diyakini oleh orang - orang maka walaupun teori yang disampaikan oleh minoritas sebelumnya walaupun itu sebenarnya adalah yang terbaik, jika tanpa prinsip ataupun teori yang mendasar dan kuat maka akan kalah oleh mayoritas.

itulah kekuatan mayoritas, kekuatan yang bisa membuat seketika orang yang selalu berjalan dengan kondisi yang benar menjadi orang yang hancur dan kacau hilnag tanpa arah. karena mayoritas akan lebih kuat untuk berargumen karena tingkat kepercayaan diri mereka tentunya akan lebih kuat dan tahan lama.

terkadang tanpa kita sadari dikehidupan ini sering sekali kita menemukan hal hal demikian seperti memutuskan tempat rekreasi, konsep acara, dan sebagainya yany sangat berkaitan dengan mayoritas dan alasan medasar mengenai sebuah prinsip.

kembali kehancuran saya hari ini, seandainya saya mampu mempertahakan apa yang sudah saya kerjakan pada kertas jawaban itu, tentunya saya akan melaporkan sebuah hasil yang bersih tanpa coretan sama sekali, tapi itulah manusia terkadang ia tak berpuas diri terhadap apa yang sudah ia jalani dan ia capai hingga ia memutuskan untuk keluar jalur dan memilih jalan lain.

tapi mengenai hal itu, akhirnya saya tetap mempertahankan semua jawaban saya setelah terlalu banyak coretan didalam lembar jawaban itu, yah setidaknya saya merasa bahwa hasilnya kelak walaupun itu yang terburuk adalah sebuah karya saya sendiri, harapan saya janji saya yang saya tuangkan kedalam blog ini tidak hanya sebatas postingan didalam blog ini tapi juga pengaruh dalam kehidupan nyata saya, kehidupan sehari hari.

baca di ( janji saya untuk seumur hidup)

sekian semoga menginspirasi.

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

Berangkat Keluar Negeri, kata inilah yang selalu membuat saya tertawa jika mengenang kejadian itu tepat di 2 (dua) tahun yang silam. sebuah perbincangan yang jika ditelusuri mungkin merupakan sebuah mimpi dan angan - angan dua orang anak ingusan yang sering bernyanyi bercanda dan berselisih. lucunya. :)

sebut saja dia titok. begitulah panggilan akrab saya pada salah satu rekan saya sekaligus saudara saya ini. entah kenapa hari ini saya ingin sekali mempostingkan kisah saya dengan beliau saat masih bisa bersama dan bertukar pemikiran mengenai kehidupan ini. namun apalah daya jarak yang memisahkan kami dan kondisi saat inilah yang membuat kami saat ini sangat jauh terpisah dan tak berkomunikasi lagi.

titiok, mungkin sejak kami dilahirkan kami pun sudah saling mengenal, puncaknya adalah saat itu kami sedang mengikuti tes penerimaan siswa baru di SDN 73 Prabumulih, umurku dengan beliaupun tak jauh beda, hari demi hari kami lewati seperti halnya anak anak yang lain juga, bermain, mandi disungai dan sebagainya. :)

hingga akhirnya kami harus melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, sayangnya titok mengambil sekolah di SLTP Negeri 6 Prabumulih sedang saya memilih Madrasah Tsanawiyah Negeri Prabumulih yang merupakan cita cita saya sejak kelas 5 (lima) SD dulu, 3 tahun saya duduk dibangku Sekolah lanjutan pertama, saya banyak menmukan pengalaman hidup yang baru mulai menjadi seorang da'i hingga menjadi seorang Master Of Ceremony semuanya saya jalani dengan persaan senang sekali. namun sayang di penghujung sekolah saya disana sebuah musibah terjadi sang ibunda sakit hingga saya memasuki usia sekolah lanjutan menengah.

hingga tibalah saya harus memilih kembali kemana saya akan meneruskan jihad ini, akhirnya pilihan saya mantap pada sebuah sekolah yang baru saja dibentuk tepat momennya ketika saya lulus dari SLTP, SMAN 6 Prabumulih, disini saya merasakan betapa nikmatnya menjadi seorang Alumni Pertama, banyak kisah yang saya lewati disini dan tetap saya melanjutkan semua aktivitas yang saya ikuti semasa di SLTP seperti Dakwah (Da'i) hingga beragam oraganisasi seperti OSIS, Pramuka, Palang Merah Remaja hingga Nasyid. semua saya jalani dengan tekun dan penuh semangat.

selain itu saya juga mewujudkan keinginan saya untuk, mengajar tambahan di rumah membantu adik adik tetangga saya yang mengalami kesulitan dalam pelajaran disekolah, alahmdulilah semua berjalan selama 2 tahun 3 bulan berakhir karena saya harus bersiap untuk melaksanakan program belajar tambahan di sekolah mengahadapi  UAS dan UAN.

waktupun pun terus berjalan tak terasa waktu ujian tiba, saya pun sudah mengikuti berbagai Tes untuk masuk melanjutkan pendidikan di Universitas maupun institusi dan politeknik, semuanya adalah beasiswa, maklum dari awal saya bercita cita tak ingin lagi terlalu menyulitkan mak dan bak dalam hal dana pendidikan.

alhamdulilah, akhirnya ujian pun berakhir dan saya yakin kan kecuali hal teknis seperti penulisan jawaban dan sebagainya saya akan lulus. (Pd). 3 bulan saya menunggu pengumuman sungguh rasanya sangat aneh jika saya tidak memiliki banyak cerita selama itu. sangat banyak cerita yang dialami berkaitan dengan keluarga tersayang.

oh ya, selama 3 bulan itu pun saya menunggu berbagai pengumuman tes masuk universitas yang saya ikuti. hasilnya alhamdulilah semuanya saya diterima. namun yang pertama memberikan respon adalah Politeknik Manufaktur Astra hingga saya, menandatangani Mou dan sebagainya.

ada sedikit rasa penyesalan, namun tak berkepanjangan karena ulah teman saya ini. dia mengucapkan kata yang membuat saya terbahak bahak.
titok: sudahlah, sekali kali keluar negeri lah..
saya : bengong #$$@%$!%%!^
titok: ya luar negeri, kan kampus kamu swasta. jadi luar negeri donk.

sungguh teman saya satu ini sangat bisa membuat hati ini menjadi terhibur kembali kala perasaan mulai tak terkendali. namun kemana dia sekarang ???
sayang, dia tidak bisa ikut bersama saya melanjutkan pendidikan disini dan saat ini, karena tuhan telah menentukan jalan terbaik untuknya.

semangat selalu teman. doaku selalu menyertaimu. bahagia dan senyumlah selalu.
tuhan selalu bersamamu.
kita akan bertemu kelak. ketika kita.

SUKSES :)

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

hari ini, dua kali sudah saya ditegur oleh orang orang yang terdekat dengan saya, saya senang berarti mereka sangat care pada saya buktinya dengan mudahnya mereka memberi masukan kepada saya yah meskipun tanpa saya minta, hmm itulah hubungan yang bermanfaat.

1. sebut saja beliau dengan nama panggilan pak AB (maaf ya pak belum izin sebelumnya, buat menuliskan nama bapak di blog saya yang tak seberapa ini.

beliau salah satu dosen tamu dikampus namun dengan gaya dan penampilan beliau dalam menyampaikan materi tidak terlihat sama sekali beliau adalah seorang dosen tamu. (penyampaiannya enjoy and cool banget). sekitar 5(lima) bulan saya dibimbing dan didik oleh beliau apalagi materi yang disampaikan adalah materi mengenai basic mentity seorang supervisor yang konon katanya salah satu pekerjaan kami setelah lulus dari kampus tercinta Politeknik Manufaktur Astra  maklum kampus saya salah satu kampus dengan program penyaluran lulusan jika sudah lulus.

dalam menjalani pendidikan bersama beliau agaknya saya memiliki banyak kesulitan apalagi materi yang disampaikan sangat teoritis ditambah lagi dengan sifat saya yang sangat pasif jika mendengarkan beliau dalam mengajar (jujur, saya malu jika mau bertanya, bukannya bisa).
akhirnya pada hari ini kami mengikuti ujian akhir semester yang diadakan oleh kampus sebagai penghujung dan penutup kegiatan mata kuliah kami. salah satunya mata kuliah bapak satu ini.

dalam pelaksanaan ujian tadi sungguh begitu banyak pikiran yang saya bawa, apa ia jika saya bisa menjawab semua soal, berarti saya mampu untuk mengemban tugas sebagai seorang supervisor, entahlah. namun saya tetap melanjutkan tulisan saya dilembar jawaban. tiba tiba saya mendapati sebuah soal yang mirip dengan pertanyaan saya (syarat intruksi kerja), dengan gamblang saya menjelaskan hal tersebut salah satunya menganai bahwa teoritis itu tidak selamanya bisa kita andal kan artinya kita butuh aktualnya, praktikumnya. begitu bla bla bla.

waktu menunjukan kegiatan untuk menganalisis soal dan menuliskan jawaban dilembar jawaban telah usai, saya menjadi peserta terakhir dalam pengumpulan. lalu saya berjabat tangan dengan beliau dan mengucapkan terimakasih banyak beliaupun membalasnya dengan doa nya begitu tulus pada saya.
lalu dia bertanya :
bapak : tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan?
saya menggelengkan kepala, seraya kembali bertanya, apa pak ?
bapak : bukan apa apa, tapi mental kalian, itu saja cukup, jangan pusing.

mendengar ucapan beliau memastikan langkah saya didepan, laurbiasa.

2. sebut saja teman saya yang satu ini dion (memang namanya, dia juga punya blog kok, rekan bisa buka di link dengan tulisan cerita dion.

betapa saya terkejut sore ini, saya terpukau dengan ucapan teman saya ini.
dion salah satu rekan satu progran studi saya, asalanya kalo gak salah dari batak tapi tinggal diriau bahasanya batak nah saat ini dia bersama saya dan 22 rekan lainnya merantau kejakarta mengikuti kegiatan belajar mengajar dikampus tercinta.

dion salah satu motivasi saya untuk menuangkan tulisan saya diblog, dion juga yang telah banyak mengajari saya mengenai arti hubungan dalam bekerja. dion the best.
tapi hari ini beda, dion membuka mata hati saya betapa keaslian dalam hidup sangat dibutuhkan ia menjelaskan banyak sedikitnya mengenai betapa mahalnya mengenai sebuah karya, karya yang diciptakan oleh seorang untuk mendapatkan apresiasi.

hingga akhirnya mulai hari ini hingga akhir nanti saya berjanji pada diri saya sendiri bahwa setiap postingan yang masukan kedalam blog saya adal murni 100% karya saya.
terus semua postingan non origin sebelumnya. ??

sebelumu saya melakukan post ini saya sudah menghapus semuanya. jadi saya yakinkan bahwa semua tulisan yang termuat dalam blog saya adalah murni tulisan saya. saya juga meminta maaf pada rekan2 yang sudah merasa dirugikan atas tindakan saya yang Co Pas itu maaf sebesar besarnya.

mari berkarya, bukan menjiplak.

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

supervisor adalah orang yang berada pada garis tengah.
yakni orang yang menghubung antara manejemen dengan para karyawan, sebaliknya supervisor juga bisa menjadi penghubung antar bawahan dengan atasan.

supervisor bisa bertindak sebagai orang yang menyampaikan hal hal apa saja yang di inginkan oleh menejemen melalui tujuan dan target target yang hendak dicapai kepada seluruh elemen yang bergerak langsung terhadap kegiatan produksi.

namun berkaitan dengan tujuan dan target yang diharapkan oleh majemen terkadang hanya berupa angka pasif yakni angka atau tulisan yang dimana prosedure dan langkah langkah yang hendak dicapai tidak pernah disampaikan, nah kemampuan tersebutlah yang harus dimiliki oleh seorang supervisor. kemampuan untuk menganalisis bagaimana caranya dengan waktu yang disediakan dan modal dan lainnya dapat mencapai target perusahaan.

selanjutnya supervisor terhadap karyawan.
supervisor dapat dijadikan tempat karyawan mengeluhkan sistem yang dibuat oleh menejemen yang akan disampaikan langsung oleh karyawan melalui supervisor dan supervisor akan melanjutkan kepada manejemen berupa aspirasi dari karyawan kepada menejemen. selain hal itu supervisor terhadap karyawan juga tidak hanya sebagai jembatan penghubung antar karyawan danmenejemen namun juga sebagai orang yang mampu :

1. memberikan instruksi dengan baik.
2. membuat karyawan nyaman dalam bekerja ( baik tempat ataupun pekerjaan yang dijalankan)
3. menjadi tempat berkonselingnya karyawan
4. dan sebagainya

secara umum kemampuan tersebut dapat kita simpulkan dengan kata Coaching and conselling.
disamping itu masih banyak kemampuan kemampuan lain yang harus dimiliki oleh seorang supervisor berkaitan dengan pekerjaannya seperti kemampuan terhadap alat alat, kemampuan berinteraksi dan kemampuan untuk mengatur itu sendiri.

 

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.


Dari awal tahun 2010 hingga hari ini banyak berita-berita yang menyangkut pelanggaran ham terhadap tki baik dari media massa cetak, media massa elektronik dan lain sebagainya.
Pelanggaran ham terhadap tki ternyata menjadi pelanggaran ham terbesar yang sering terjadi di Indonesia selama dua tahun terakhir  ini setelah pelanggaran ham terhadap perempuan dan anak, bagaimana tidak tenaga kerja di Indonesia kebanyakan adalah perempuan dan kembali lagi jangankan bekerja diluar negeri didalam negerinya sendiri perempuan Indonesia tidak pernah merasa aman atau dengan kata lain masih mengalami kekerasan dan penganiayaan.
Selanjutnya pekerjaannya hanya sebagai seorang pembatu rumah tangga semakin menambah kerendahan martabat mereka atas pendangan orang yang memperkerjakan atau yang lebih kita kenal majikannya.
Akhir 2010 ini kasus yang sangat menggemparkan rakyat Indonesia adalah kasus pelanggaran ham yang dialami oleh sumiarti. Sumiarti adalah tenaga kerja Indonesia yang bekerja di negeri arabSaudi yang juga mengalami banyak pelanggaran haknya yang dilakukan oleh majikannya, salah satunya adalah penganiayaan yang terus berulang hingga sumiarti ditemukan setelah melarikan lari dari rumah majikannya.
Beberapa pelanggaran ham lain yang sering terjadi pada tenaga kerja Indonesia adalah sebagai berikut:
a.       Pelanggaran hak untuk memperoleh gajih yang sesuai dengan pekerjaan.
b.      Pelanggaran hak untuk memperoleh tindakan yang baik dari majikan.
c.       Pelanggaran hak untuk memperoleh informasi yang sejelas-jelasnya tentang mekanisme pembrangkatan menjadi TKI.
d.      Pelanggaran hak untuk bisa mengembangkan diri dan bekerja ditempat yang sesuai keinginannya tanpa ada paksaan dari siapa pun.
e.       Pelanggaran hak untuk memperoleh kehidupan yang layak selama menjadi tki seperti tempat tidur yang nyaman dan sebagainya.
f.       Pelanggaran hak untuk bias berkomunikasi dengan keluarga yang ditinggalkan di tanah air.
g.      Pelanggaran hak untuk menyampaikan pendapatnya.
h.      Pelanggaran hak untuk memperoleh pelayanan administrasi dari pemerintah sebagai haknya yang harus terpenuhi.
              Dari beberapa hak yang telah dilanggar hanyalah sebagian kecil dari pelanggaranyang pernah terjadi masih banyak pelanggaran hak terhadap tki yang telah terjadi di Indonesia.

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.


Tragedy ini terjadi pada tahun 2009 masalahnya dipicu karena perselisihan agama antara umatislam dan Kristen radikal (untuk membedakan anatara umat kristiani yang lain) di poso. Konon katanya umat Kristen radikal di poso memiliki perasaan iri hati pada umat islam dengan perkembangan dan kemajuan umat islam disana.
Kejadian ini terjadi tepatnya pada tanggal 23 mei 2009 yang mengakibatkan ribuan orang tewas diantara korbannya adalah anak-anak dan perempuan. Seorang saksi menyatakan bahwa ada salah satu keluarga yang di bantai umat Kristen radikal ini dengan membunuh kepala keluarga tersebut dengan sadisnya dan setelah itu mereka menyuruh sang istri dengan tanpa busana menyiapkan makanan untuk mereka.
Tidak hanya itu banyak korban tewas anak-anak yang tak berdosa  dengan kepala mereka yang nyaris dipenggal dibagian belakang kepala mereka dengan kejamnya, selain itu banyak siswa dan siswi yang dibunuh dengan cara sadis.
Namun kita tidak bias untuk menyalahkan salah satu pihak karena tragedy ini adalah buntut dari penyerangan umat islam kepada umat Kristen radikal sehingga  terus saling menyalahkan dan mau menang sendiri dan akhirnya aksi serang menyerang pun terjadi.
Dari rentetan-rentetan peperangan anatara umat islam dan Kristen radikal di poso ini tragedy inilah yang menjadi puncak segalanya, bagaimana tidak korban yang tewas lebih banyak serta pembantaian yang begitu mengerikan disaat umat islam sedang terlelap dan bangun melaksanakan ibadah malah diseranga dengan serangan yang tidak kecil.
Kasus ini pun telah banyak menimbulkan masalah ham yang sangat berat karena pada kasus-kasus tersebut telah mengakibatkan hilangnya hak-hak masyarakat disana diantara hak-hak tersebut adalah sebagai berikut:
a.       Hak anak-anak untuk memperoleh kasih saying dari orangtuanya telah terenggut karena orangtuanya telah tewas dalam insiden tersebut.
b.      Hak siswa-siswi untuk memperoleh pendidikan yang layak telah musnah karena tempat mereka memperoleh pendidikan telah dihancurkan.
c.       Hak masyarakat untuk melakukan ibadah telah terganggu karena tempat ibadah mereka telah diluluhlantahkan.
d.      Hak masyarakat untuk melakukan kerja demi kehidupan sehari-hari telah hilang karena tempat mereka kerja dan mendapat penghasilan telah dibakar dan dimusnahkan.
Dari kesekian hak-hak yang telah dilanggar tersebut hak yang sangat terasa adalah hak untuk hidup masyarakat di poso dengan cara yang sadis dan kejam.
Untungnya meski kasus pelanggaran ham yang sangat berat itu terjadi semua oknum yang terlibat kasus ini dapat diringkus dan dihukum sesuai hukum yang berlaku.
Terbukti para pelaku pembatain pada tragedy poso telah lama mengalami eksekusi mati sebagai konsekuen yang diberikan kepada mereka namun jika dihitung dengan rumus matematika sungguh tidak sebanding jika di bandingkan dengan jumlah korban tewas pada kejadian poso ini.

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

Beberapa kasus lain seperti kasus lumpur lapindo yang hingga saat ini belum jelas arahnya padahal sudah sangat dapat dimengerti bahwa kasus tersebut bukanlah kasus bencana alam karena hal tersebut terjadi karena adanya kelalaian perusahaan yang mengakibatkan banyak warga disidoarjo yang hingga hari ini hak-haknya tidak terpenuhi seperti hak social, ekonomi dan sebagainya padahal Empat tahun sudah Sumur Banjar Panji I di Desa Siring, Kecamatan Porong, Sidoarjo Jawa Timur,  menyemburkan lumpur sehingga menenggelamkan kawasan di sekitarnya. Masayarakat terombang-ambingkan dengan permainan-permainan yang dilakukan oleh para bapak Negara ini. Bagaimana tidak sudah hamper dua tahun keadaan mereka bukan semakin membaik akan tetapi malah semakin memburuk.
Dan tidak hanya itu, luapan lumpur lapindo semakin merajarela dan tak terkendali bahkan telah menimbulkan wilayah-wilayah baru yang warganya terpaksa diusir dari kampungnya dengan balasan yang tak seimbang dan administrasi yang terlalu berbelit-belit.
akhirnya pemerintah seolah menutup mata akan hal ini, mereka seolah tak tahu dengan kondisi rakyatnya yang sangat memprihatinkan tersebut, mereka hanya mampu berjanji dan terus berjanji dan buktinya hingga hari ini semuanya masih sama kejadiannya seperti lumpur tersebut belum meluap. Sungguh tak punya hati.
Tidak adanya langkah konkret dari pemerintah berujung tudingan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah melindungi kepentingan kelompok usaha milik Aburizal Bakrie, Lapindo Brantas.
Sedang akibat dari tragedy lumpur lapindo ini banyak hak-hak masyarakat disana telah dimusnahkan diantaranya yakni:
a.       Hak masyarakat untuk melakukan kerja dan mengembangkan hidup mereka karena tempat mereka bekerja telah tertimbun bersama dengan lumpur.
b.      Hak anak-anak untuk merasakan keindahan masa-masa kecil mereka karena mereka harus ikut terbebani dengan keadaan mereka yang sangat sulit.
c.       Hak siswa-siswi untuk memperoleh pendidikan yang layak telah direnggut karena tempat mereka untuk memperoleh pengajaran dari guru mereka telah tenggelam bersama lumpur.
d.      Hak masyarakat untuk melakukan ibadah dengan nyaman telah lenyap karena tempat ibadah mereka tak dapat lagi digunakan.
e.       Hak masyarakat untuk memperoleh tempat hidup yang layak telah direnggut karena rumah mereka telah tenggelam dan kini mereka tinggal dalam kehidupan yang sangat memprihatinkan di tenda pengungsian.
f.       Hak masyarakat untuk memperoleh ganti rugi telah terhadap dengan adanya aturan-aturan yang sangat memberatkan mereka.
Keenam pelanggaran hak tersebut adalah sebagian kecil dari pelanggaran-pelanggaran ham yang terjadi akibat semburan lumpur lapindo yang kini sudah layak disebutkan sebagai lautan lumpur.

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.


Salah satu contoh kasus yang hingga saat ini masalahnya belum juga  terungkap adalah masalah pembunuhan munir yang sering dikenal dengan kasus ham munir yang hingga hari ini janda ham munir terus berusaha mencari kebenaran tentang kasus yang tertimpa pada suaminya itu, namun apalah daya semuanya nampaknya sia-sia kasusnya pun tak pernah lagi tersentuh oleh hukum.
Janda ham munir tidak hanya sendiri, begitu banyaknya organisasi-organisasi dan gerakan kelompok rakyat yang setiap tahunnya selalu berdemonstrasi menuntut penuntasan kasus ini.Hal ini adalah hal yang sangat wajar  karena pada saat itu munir yang sedang berjuang keras untuk membuktikan kebenaran tentang pelanggaran ham di Indonesia yang pada saat itu Munir berangkat ke Belanda untuk menghadiri seminar dan sekaligus mengurus bea siswa yang diterimanya dari Inggris (British Achievening Awards). Kematian Munir memang mengejutkan banyak warga masyarakat.
KCM menerima email dari masyarakat dari dalam dan luar negeri yang menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Munir. konon katanya munir dibunuh, dia meninggal setelah menenggak air yang diminum sebelumnya dan di indikasi air tersebut telah diberi racun.
Masalah  ini semakin memanas karena banyak berhembus kabar bahwa yang melakukan pembunuhan ini adalah para pejabat-pejabat tinggi yang pada saat itu tidak senang melihat tindakkanya dan prestasi munir.
Sungguh betapa ironisnya demokrasi di Indonesia demi sebuah jabatan dan uang semua dilakukan dan bahkan hokum pun dibeli.
Pelanggaran hak yang sangat jelas tergambar pada kasus ham munir ini adalah untuk menyampaikan suara karena munir tidak diberi kesempatan untuk menyampaikan apa yang diketahuinya tentang pelanggaran ham yang ada di Indonesia kala itu.
Namun tidak serta merta hanya pelanggaran hak untuk bersuara(berpendapat) saja yang dilanggar akan tetapi masih banyak pelanggaran yang dilakukan kepada munir diantaranya :
a.       Hak alm. Munir untuk memperoleh pendidikan karena pada saat itu beliau sedang bernangkat menuju belanda untuk melanjutakan pendidkannya disana dari beasiswa yang diperolehnya.
b.      Hak alm. Munir untuk merasakan indahnya bersama keluarga tercinta.
c.       Hak alm. Munir untuk mencari kebenaran terhadap kasus yang ia tangani.
d.      Hak alm. Munir untuk meniti karier didalam kehidupannya dengan bekerja keras dan berusaha.
Dan hak ham munir yang juga sampai saat ini belumterpenuhi dan bias jadi tidak akan terpenuhi untuk menegetahui siapa dalang terbunuhnya munir. Kasus ham munir ini sebenarnay telah menimbulkan masalah lain yakni sampai saat ini janda munir belum memperoleh informasi yang sebenar-benarnya.

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.


Pada November 1998, 14 tahun silam, pemerintahan transisi Indonesia mengadakan Sidang Istimewa (SI) untuk menentukan Pemilu berikutnya dan membahas agenda-agenda pemerintahan yang akan dilakukan. Tapi mahasiswa menolak.Mahasiswa menentang pelaksanaan SI, tidak mengakui pemerintahan Habibie dan tidak percaya dengan para anggota DPR/MPR Orde Baru. Mereka juga menuntut penghapusan dwi fungsi ABRI.
Kehadiran para demonstran yang terdiri dari mahasiswa dan masyarkat disambut barikade tentara.Militer menjaga ketat dan menutup seluruh akses yang menuju gedung DPR.Namun semakin sore jumlah demonstran yang bergabung semakin banyak.Mereka terus merangsek maju ke gedung rakyat.Bentrokan dengan aparat militer akhirnya tidak terhindarkan dan para demonstran berhasil dipukul mundur.
Puncaknya sekitar jam 3 sore, tentara merangsek para demonstran yang bertahan dengan kendaraan lapis baja. Tidak hanya itu, mereka juga menghujani massa dengan tembakan peluru tajam. Akibatnya, sejumlah nyawa pun melayang.
Adapun pelanggaran-pelanggaran ham  yang terjadi pada tragedy semanggi banyak berkaitan dengan hak-hak politik masyarakat atau mahasiswa bagaimana tidak dari awal mahasiswa dan masyarakat nerdemonstrasi telah dihadang oleh ribuan bahkan puluh ribuan polisi dan tentara lengkap dengan senjata mereka sedang mahasiswa hanya bersenjatakan sepanduk namun tak sedikit juga tentara dan polisi Indonesia terenggut haknya, berikut pelanggaran ham yang terjadi pada tragedy semanggi  ini adalah sebagai berikut:
a.       Hak mahasiswa untuk menyampaikan pendapat mereka dengan demonstrasi.
b.      Hak polisi memperoleh tanggapan yang baik dari para demonstran.
c.       Hak mahasiswa untuk memperoleh pendidikan karena telah tewas dalam kejadian ini.
d.      Hak masyarakat pada saat itu untuk menggunakan jalan umum terganggu akibat aktifitas demonstran.
e.       Hak masyarakat untuk bekerja dan beraktifitas karena perusahan atau took mereka tutup karena takut adanya penjarahan.
f.       Hak masyarakat memperoleh penjelasan yang sejelas-jelasnya dari aparatur Negara tentang system demokrasi yang dijalankan di negeri ini.
Pelanggaran-pelanggaran ham tersebut hanyalah sebagian kecil dari pelanggaran ham yang terjadi seperti penganiayaan, pemerkosaan dan masih banyak yang lainnya.
Namun dibalik tindak pelanggaran ham ini ada sebuah sejarah baru yang terukir dimana dengan kegigihan mahasiswa dan masyarakat untuk melengserkan pak soeharto pada saat itu sebagai kepala Negara berhasil dilakukan, namun sayangnya pelanggaran-pelanggaran ham tersebut seolah-olah telah dianggapa mati bersama dengan para korban tewas pada tragedy semanggi ini.
Dan kasus ini menjadi awal memburuknya permasalahan ham di Indonesia, hingga hari jumlah pelanggaran ham di Indonesia terus bertambah pada tahun 2009 pun meningkat dari 4500 menjadi 4600 kasus, padahal Indonesia telah merdeka 65 tahun yang lalu yang berarti Indonesia sudah mengenal demokrasi dan ham lebih dari itu.

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

dari awal saya kembali kekampus saya sudah memiliki renacana untuk pulang kekaampung. saya merasa harus segera pulang untuk melihat keluarga disana.
saya sudah sangat merindukan mereka.
namun nampaknya keinginan saya harus saya tunda, bukan gara gara permasalahan yang ada dikampus seperti nilai ku yang anjlok atau hal lainnya yang sangat berkaitan dengan hal hal di kampus.

tapi ini mengenai kondisi keuanganku yang mana dibulan ini sudah sangat terbatas sedang untuk pulang kekampung setidaknya saya harus menyiapkan uang sekitar 100.000 rupiah.
jangan kan uang 100.000 rupiah, untuk membeli air pagi ini pun saya merasa berat, tapi itu terpaksa saya lakukan demi kesehatanku, jika tidak minum maka aku akan dehidrasi lalu badan saya lemas dan akhirnya saya sakit, dan jika sakit, saya akan membutuhkan biaya minimal satu juta rupiah lebih.

kebetulan kembali salah satu teman saya lewat akun FBnya bahwa  di universitasnya telah memasuki libur semester, dan diapun hari ini sedang dalam perjalanan kerumahnya untuk bertemu keluarga disana, sungguh senangnya ia. + :)

sedang saya disini terpaksa gigit jari menunggu keajaiban datang.
namun saya sadar, kesalahan dan kegagalan rencana ini bukan tanpa sebat melainkan akibat menejemen keuanganku yang sangat gagal dibulan ini (bahaya menghampiri uang anda, baca )

sekian semoga menginspirasi untuk anda

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

ini merupakan postingan yang sangat bagus bagi anda yang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan.
sreing sekali kita jika diawal bulan, selalu merencanakan hal hal yang aneh dan sebenarnya bersifat konsumtif belaka dan akhirnya menyebabkan kekurangan pada keuangan kita.

berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan supaya keuangan kita sehat hingga gajih bulan selanjutnya kita terima kembali.
yang paling sangat sederhana namun sering sekali dilupankan adalah memubaut anggaran penglauran uang.
ok mungkin anda sudah melakukannya.

namun dalam anggaran tersebut sering sekali yang diutamakan adalah rencana untuk memberlanjakan uang kemana.

nah cara tersebut ternyata salah, yang baik itu adalah tata urutannya sebagai berikut:
1. rencanakan investasi yang diinginkan, minimal 10 % dari penghasilan.
2. rencanakan pembayaran hutang piutang ( semuanya tanpa terkecuali jika tidak dept collector akan menghampiri anda.

nah setelah dua tersebut diatas barulah anda boleh mulai berpikir untuk memberlanjakan uang anda kemana saja, namun jangan lupa jika anda memiliki anak yang sudah bersekolah, rencanakan biaya pendidikan, kesehatan keluarga juga, makan-minum dll.

intinya:
lakukan prioritas dalam anggaran pembelanjaan.

semoga bermanfaat.

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

saya tidak dapat menggambarkan kondisi kejiwaan saya saat ini.
mungkin inilah puncaknya.
inilah batasnya.

sudah hampir satu bulan ini saya tidak membereskan kontrakan yang saya tempati.
bagaimana tidak rekan.
saya merasa perbuatan saya akan sangat sia sia
baru satu jam berlalu kontrakan dirapihkan sudah kembali hancur seperti KAPAL PECAH. aduh.

mungkin hati saya ini, sama halnya dengan tulisan ku ini yang berantakan tak jelas isinya. bahkan arahnya saja tak terkendali.
saat mengetik tulisan ini saya sedang, berbaring sembari tangan diletakan di bantal warna merah yang baunya, ampun, mungkin kalo ditaroh di sungai ikannya bakal mati. hmmm

entah saya bingung harus bagaimana caranya, supaya bisa membuat kebiasaan buruk disini HILANG.
ayo rekan rekan, kita galangkan hidup sehat, jangan jadikan kontrakan kita tempat tidur, buang sampah saja ya.
saya gak kaut kalo kayak gini.

mulai dari mana ya ??

saya juga tidak menyalahkan mereka kok. :D
saya juga salah setiap hari kerjaan nya dihadapan komputer.
hahahhahahah

aduh setress nih...
kayaknya cara saya dengan diam (hasiat diam) gagal nih. terus langkah apalagi yang harus ditempuh.
mengerjakan sendiri ?? ....