Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

ini adalah salah satu tugas mata kuliah ku yang saat ini baru berjalan sebanyak 70 % saja, yah sembari mencari tempat - tempat yang mampu membuat otakku kembali berfikir dan segera mendapatkan inovasi aku pengen share semuanya, harapannya teman - teman bisa memberikan sedikit masukan dan sebagainya. 


Dewasa ini, kendaraan roda dua di indonesia sudah tidak asing lagi dijumpai,  misalnya saja kota jakarta yang saat ini memiliki pengguna kendaraan roda dua yang bisa disebut cukup tinggi. Hal ini tercatat sejak 2010 lalu bahwa  jumlah unit kendaraan roda dua di jakarta mencapai 8.244.346 sedangkan jumlah penduduk di jakarta hanya berkisar 8.523.157 orang.
Hampir seimbang dengan jumlah unit kendaraan dua yang ada di jakarta, jumlah kecelakaan yang terjadi pun tidak kalah banyaknya mencapai 3.995 unit atau setara 59,52% dari total kendaraan yang terlibat kecelakaan sebanyak 6.712 kendaraan.
Kecelakaan yang terjadi sering kali disebabkan oleh keteledoran oleh penggunanya itu sendiri atau oleh sebab lainnya baik menyangkut kondisi jalan yang dilewati hingga kondisi cuaca yang tidak mendukung. Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan yang juga tidak kalah pentingnya adalah kondisi kendaraan yang digunakan. Sering kali pengendara kendaraan roda dua mengabaikan salah satu faktor ini, padahal kondisi kendaraan yang digunakan sangatlah berperan penting pada saat digunakan. 
Kondisi kendaraan roda harus selalu dalam kondisi prima sehingga mempermudah pengendarannya dalam menggunakan, melalui perawatanlah kondisi kendaraan akan dapat selalu dijaga dalam kondisi yang selalu siap pakai atau setidaknya mendekati. Dalam pelaksanaanya perawatan yang dilakukan tidak dapat dilakukan sembarangan, berbagai perawatan pun dapat dilakukan salah satunya melalui sistem lubrikasi yang ada pada kendaraan roda dua. 
Sistem lubrikasi adalah sistem pelumasan ataupun pendinginan yang berfungsi untuk mencagahnya terjadinya pemanasan yang berlebihan pada mesin sehingga mempermudah kerja mesin dan menjaga mesin dari kerusakan dan akhirnya memberikan kondisi yang prima pada kendaraan roda pada saat digunakan.
Pada prosesnya, lubrikasi membutuhkan lubricant (pelumas) yang digunakan sebagai material untuk melumasi dan mejaga kondisi suhu pada mesin melalui proses perpindahan panas yang terjadi antara pelumas dan mesin. Panas yang terjadi pada mesin dipindahkan melaui didinding mesin ke pelumas – pelumas yang ada. Pelumas / pendingin yang digunakan bisa berupa air, angin, oli ataupun grease dan sejenisnya.
Namun dalam pelaksanaannya perawatan yang hendak dilakukan, tidak akan terjadi secara optimal dan memberikan hasil yang maksimal jika tanpa didukung adanya pengetahuan mengenai lubrikasi mesin kendaraan roda dua itu sendiri, oleh sebab itulah disajikannya makalah ini untuk mengatasi permasalahan yang telah diuraikan, dengan judul Lubrikasi Mesin Putaran 4 (Tak)  Kendaraan Roda Dua. 

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Terimakasih atas kunjungannya. SIlahkan berikan komentar. :)