Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.


Salah satu contoh kasus yang hingga saat ini masalahnya belum juga  terungkap adalah masalah pembunuhan munir yang sering dikenal dengan kasus ham munir yang hingga hari ini janda ham munir terus berusaha mencari kebenaran tentang kasus yang tertimpa pada suaminya itu, namun apalah daya semuanya nampaknya sia-sia kasusnya pun tak pernah lagi tersentuh oleh hukum.
Janda ham munir tidak hanya sendiri, begitu banyaknya organisasi-organisasi dan gerakan kelompok rakyat yang setiap tahunnya selalu berdemonstrasi menuntut penuntasan kasus ini.Hal ini adalah hal yang sangat wajar  karena pada saat itu munir yang sedang berjuang keras untuk membuktikan kebenaran tentang pelanggaran ham di Indonesia yang pada saat itu Munir berangkat ke Belanda untuk menghadiri seminar dan sekaligus mengurus bea siswa yang diterimanya dari Inggris (British Achievening Awards). Kematian Munir memang mengejutkan banyak warga masyarakat.
KCM menerima email dari masyarakat dari dalam dan luar negeri yang menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Munir. konon katanya munir dibunuh, dia meninggal setelah menenggak air yang diminum sebelumnya dan di indikasi air tersebut telah diberi racun.
Masalah  ini semakin memanas karena banyak berhembus kabar bahwa yang melakukan pembunuhan ini adalah para pejabat-pejabat tinggi yang pada saat itu tidak senang melihat tindakkanya dan prestasi munir.
Sungguh betapa ironisnya demokrasi di Indonesia demi sebuah jabatan dan uang semua dilakukan dan bahkan hokum pun dibeli.
Pelanggaran hak yang sangat jelas tergambar pada kasus ham munir ini adalah untuk menyampaikan suara karena munir tidak diberi kesempatan untuk menyampaikan apa yang diketahuinya tentang pelanggaran ham yang ada di Indonesia kala itu.
Namun tidak serta merta hanya pelanggaran hak untuk bersuara(berpendapat) saja yang dilanggar akan tetapi masih banyak pelanggaran yang dilakukan kepada munir diantaranya :
a.       Hak alm. Munir untuk memperoleh pendidikan karena pada saat itu beliau sedang bernangkat menuju belanda untuk melanjutakan pendidkannya disana dari beasiswa yang diperolehnya.
b.      Hak alm. Munir untuk merasakan indahnya bersama keluarga tercinta.
c.       Hak alm. Munir untuk mencari kebenaran terhadap kasus yang ia tangani.
d.      Hak alm. Munir untuk meniti karier didalam kehidupannya dengan bekerja keras dan berusaha.
Dan hak ham munir yang juga sampai saat ini belumterpenuhi dan bias jadi tidak akan terpenuhi untuk menegetahui siapa dalang terbunuhnya munir. Kasus ham munir ini sebenarnay telah menimbulkan masalah lain yakni sampai saat ini janda munir belum memperoleh informasi yang sebenar-benarnya.

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Terimakasih atas kunjungannya. SIlahkan berikan komentar. :)