Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

alhamdulilah
tugas saya mengenai lubrikasi mesin benar - benar sudah rampung, sekarang sudah siap untuk dikumpulkan kepada dosen yang tercinta. namun tentunya saya tidak berpuas diri, masih banyak yang harus dialkukan mulai membaca kembali apa yang sudah saya tulis atau menambahkan dan bahkan mengurangi tulisan saya.


Pada berbagai jenis mesin dan peralatan yang sedang bergerak, akan terjadi peristiwa pergesekan antara logam. Oleh karena itu akan terjadi peristiwa pelepasan partikel-partikel dari pergesekan tersebut. Keadaan dimana logam melepaskan partikel disebut aus atau keausan.
Untuk mencegah atau mengurangi keausan yang lebih parah yaitu memperlancar kerja mesin dan memperpanjang usia dari mesin dan peralatan itu sendiri, maka bagian bagian logam dan peralatan yang mengalami gesekan tersebut diberi perlindungan ekstra dengan menggunakan pelumas.
Jika semua kendala yang terjadi dapat diatasi seperti gesekan, keausan dan sebagainya selain bisa memperpanjang usia dari mesin itu sendiri dengan menggunakan pelumas juga dapat memberikan energi yang dihasilkan oleh mesin semakin optimal.
Berikut ini beberapa fungsi lubrikasi mesin :
1.      Mengurangi keausan mesin
2.      Mengurangi panas akibat pembakaran dan gesekan mesin
3.      Mengendapkan kotoran-kotoran ke dalam karter
4.      Mengurangi suara berisik pada mesin
5.      Mengoptimalkan kerja mesin

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Terimakasih atas kunjungannya. SIlahkan berikan komentar. :)