Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

Hari nampaknya ujian Mekanika Fluida saya, sangat tidak memberi kan kepuasan pada saya. harapan saya pada saat mengikuti ujian ini adalah saya tidak melakukan coretan didalam pekerjaan saya. tapi lagi lagi saya harus menyoret dan menghapus tulisan. hingga puluhan kali rasanya. al hasil terlalu banyak coretan didalam pekerjaan saya itu. ingin rasanya memanggil sang pengawas lalu menukar dengan kertas lain, namun masih ada satu soal yang belum dikerjakan sedang waktu hanya tinggal 30 menit saja itupun sudah diberi tambahan.

kejadian ini bukan tanpa sebab. ketidak yakinanku akan rumus - rumus yang telah saya buat, tanya sana sini membuat saya semakin ragu pada jawaban saya itu, apalagi banyak rekan rekan yang lain bertentangan dengan jawaban saya itu, tapi saya meyakininya tapi ragu juga.

jadi ingat dengan sebuah buku yang dulu pernah saya baca mengenai Psikologi Sosial dimana contoh kasus yang dihadirkan sama persis dengan apa yang saya alami tadi pagi.
disana dijelaskan bahwa sebuah keputusan yang harus diambil oleh seorang mahasiswa yang sedang mengikuti tes ujian akhir, dia sudah sangat yakin dengan semua jawaban yang ia miliki namun akibat pengaruh lingkungan temannya yang mayoritas sangat berbeda dengan jawaban yang dia miliki.

#tertawa saya mengingat tulisan itu, yang saya alami langsung hari ini.

jika kita tinjau, semuanya adalah kembali pada kepercayaan dan keyakinan akan kebenaran suatu hal, sebuah keyakinan jika tanpa sebuah teori yang jelas dan mendasar jika dihadapkan dengan sebuah teori yang sangat simple dan sepele namun teori tersebut banyak digunakan dan diyakini oleh orang - orang maka walaupun teori yang disampaikan oleh minoritas sebelumnya walaupun itu sebenarnya adalah yang terbaik, jika tanpa prinsip ataupun teori yang mendasar dan kuat maka akan kalah oleh mayoritas.

itulah kekuatan mayoritas, kekuatan yang bisa membuat seketika orang yang selalu berjalan dengan kondisi yang benar menjadi orang yang hancur dan kacau hilnag tanpa arah. karena mayoritas akan lebih kuat untuk berargumen karena tingkat kepercayaan diri mereka tentunya akan lebih kuat dan tahan lama.

terkadang tanpa kita sadari dikehidupan ini sering sekali kita menemukan hal hal demikian seperti memutuskan tempat rekreasi, konsep acara, dan sebagainya yany sangat berkaitan dengan mayoritas dan alasan medasar mengenai sebuah prinsip.

kembali kehancuran saya hari ini, seandainya saya mampu mempertahakan apa yang sudah saya kerjakan pada kertas jawaban itu, tentunya saya akan melaporkan sebuah hasil yang bersih tanpa coretan sama sekali, tapi itulah manusia terkadang ia tak berpuas diri terhadap apa yang sudah ia jalani dan ia capai hingga ia memutuskan untuk keluar jalur dan memilih jalan lain.

tapi mengenai hal itu, akhirnya saya tetap mempertahankan semua jawaban saya setelah terlalu banyak coretan didalam lembar jawaban itu, yah setidaknya saya merasa bahwa hasilnya kelak walaupun itu yang terburuk adalah sebuah karya saya sendiri, harapan saya janji saya yang saya tuangkan kedalam blog ini tidak hanya sebatas postingan didalam blog ini tapi juga pengaruh dalam kehidupan nyata saya, kehidupan sehari hari.

baca di ( janji saya untuk seumur hidup)

sekian semoga menginspirasi.

4 komentar

  1. Memang keraguan selalu saja muncul di dalam hati. Kekuatan karakter dan kesiapan mental akan membuatnya sedikit demi sedikit sirna. Intinya jadilah diri sendiri, meskipun terkadang suatu waktu kita menjadi orang lain

    BalasHapus
  2. hmmm, sangat melegakan masukannya, semakin memotivasi untuk selalu menciptakan karya sendiri pak.

    :)

    terimakasih banyak pak.
    ditunggu masukan masukan yang lainnya

    BalasHapus
  3. pokoknya salam semangat ngeblog
    dan kita saling berbagi :)
    membangun karakter diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok. salam mas.
      pasti tentunya. :)

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya. SIlahkan berikan komentar. :)