Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.


Tragedy ini terjadi pada tahun 2009 masalahnya dipicu karena perselisihan agama antara umatislam dan Kristen radikal (untuk membedakan anatara umat kristiani yang lain) di poso. Konon katanya umat Kristen radikal di poso memiliki perasaan iri hati pada umat islam dengan perkembangan dan kemajuan umat islam disana.
Kejadian ini terjadi tepatnya pada tanggal 23 mei 2009 yang mengakibatkan ribuan orang tewas diantara korbannya adalah anak-anak dan perempuan. Seorang saksi menyatakan bahwa ada salah satu keluarga yang di bantai umat Kristen radikal ini dengan membunuh kepala keluarga tersebut dengan sadisnya dan setelah itu mereka menyuruh sang istri dengan tanpa busana menyiapkan makanan untuk mereka.
Tidak hanya itu banyak korban tewas anak-anak yang tak berdosa  dengan kepala mereka yang nyaris dipenggal dibagian belakang kepala mereka dengan kejamnya, selain itu banyak siswa dan siswi yang dibunuh dengan cara sadis.
Namun kita tidak bias untuk menyalahkan salah satu pihak karena tragedy ini adalah buntut dari penyerangan umat islam kepada umat Kristen radikal sehingga  terus saling menyalahkan dan mau menang sendiri dan akhirnya aksi serang menyerang pun terjadi.
Dari rentetan-rentetan peperangan anatara umat islam dan Kristen radikal di poso ini tragedy inilah yang menjadi puncak segalanya, bagaimana tidak korban yang tewas lebih banyak serta pembantaian yang begitu mengerikan disaat umat islam sedang terlelap dan bangun melaksanakan ibadah malah diseranga dengan serangan yang tidak kecil.
Kasus ini pun telah banyak menimbulkan masalah ham yang sangat berat karena pada kasus-kasus tersebut telah mengakibatkan hilangnya hak-hak masyarakat disana diantara hak-hak tersebut adalah sebagai berikut:
a.       Hak anak-anak untuk memperoleh kasih saying dari orangtuanya telah terenggut karena orangtuanya telah tewas dalam insiden tersebut.
b.      Hak siswa-siswi untuk memperoleh pendidikan yang layak telah musnah karena tempat mereka memperoleh pendidikan telah dihancurkan.
c.       Hak masyarakat untuk melakukan ibadah telah terganggu karena tempat ibadah mereka telah diluluhlantahkan.
d.      Hak masyarakat untuk melakukan kerja demi kehidupan sehari-hari telah hilang karena tempat mereka kerja dan mendapat penghasilan telah dibakar dan dimusnahkan.
Dari kesekian hak-hak yang telah dilanggar tersebut hak yang sangat terasa adalah hak untuk hidup masyarakat di poso dengan cara yang sadis dan kejam.
Untungnya meski kasus pelanggaran ham yang sangat berat itu terjadi semua oknum yang terlibat kasus ini dapat diringkus dan dihukum sesuai hukum yang berlaku.
Terbukti para pelaku pembatain pada tragedy poso telah lama mengalami eksekusi mati sebagai konsekuen yang diberikan kepada mereka namun jika dihitung dengan rumus matematika sungguh tidak sebanding jika di bandingkan dengan jumlah korban tewas pada kejadian poso ini.

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Terimakasih atas kunjungannya. SIlahkan berikan komentar. :)