Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam) 
Salam Sejahtera 
Asalamualaikum Wr. Wb.

Mesin dengan putaran 4 (tak) adalah mesin dengan mesin pembakaran dalam yang empat langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran. Putaran empat tak lebih irit dan pembakarannya lebih bersih dari putaran dua tak, tetapi membutuhkan lebih banyak bagian yang bergerak dan keahlian pembuatan. Dia juga lebih mudah dibuat dalam konfigurasi multi-silinder dari dua tak, membuatnya sangat berguna dalam aplikasi tenaga-besar seperti mobil.


intake (induction) stroke

compression stroke

power (combustion) stroke

exhaust stroke






Dalam pelaksanaannya, lubrikasi mesin harus memiliki beberapa indikator yang harus diperhatikan supaya lubrikasi yang dilakukan memiliki pengaruh yang optimal serta sesuai fungsi yang diinginkan pada mesin. 

Lubrikasi yang dilakukan pada mesin harus memperhatikan kapasitas lubricant (oli) dan kualitas lubricant yang diberikan seperti kekentalan (viskosity) dan umur lubricantnya.  Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan seperti pada beberapa kejadian berikut ini:
  1. Oli kurang.akibatnya mesin cepat panas dan bisa mati
  2. Oli sudah terlalu lama,akibatnya mesin cepat panas dan cepat aus
  3. Oli terlalu kental, akibatnya celah-celah mesin yang sempit tidak terjangkau sistem pelumasan,bisa menyebabkan mesin rusak.
Kekentalan lubricant yang digunakan untuk masing – masing mesin berbeda – beda  salah satu hal yang berpengaruh adalah jenis pembakaran yang terjadi didalam mesin tersebut. Berikut ini tipe-tipe mesin bensin berdasarkan siklus proses pembakaran adalah :  

1. Mesin satu tak, setiap langkah piston terjadi proses pembakaran.
2. Mesin dua tak, memerlukan dua langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran.
3. Mesin empat tak, memerlukan empat langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran.
4. Mesin enam tak, memerlukan enam langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran.
5. Mesin wankel (rotary engine/wankel engine). memerlukan satu putaran penuh rotor dalam satu siklus pembakaran.
 

Pada mesin – mesin baik kendaraan maupun sejenis diesel dan sebagainya terdiri dari komponen – komponen yang mendukung terjadinya proses lubrikasi, seperti mengedarkan oli keseluruh mesin, menyaring oli yang digunakan, memisahkan oli yang sudah dan belum digunakan dan hal – hal lainnya yang sangat berkaitan dengan sistem pelumasan

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Terimakasih atas kunjungannya. SIlahkan berikan komentar. :)