Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini, postingan saya terinspirasi dari mengamati aktivitas-aktivitas teman-teman Fb saya, dimana diantaranya menunjukan gejala-gejala aneh dan agak belebih lebihan. Seperti penulisan status Fb yang mulai mengindikasikan membutuhkan perhatian hingga perubahan-perubahan dalam Fbnya dalam hal Photo Profilenya hingga Photo Cover jika teman saya adalah pengguna Fb Timline.

Hasil pengamatan saya, saya kaitkan pada beberapa teori mengenai Psikologi sosial, dan hasil keputusan saya adalah teman-teman saya yang demikian di Facebook adalah teman-teman saya yang kesepian, mengapa?

Didalam sebuah buku Psikologi sosial yang pernah saya baca,  menjelaskan bahwa :
manusia individu terbagi menjadi 2

1.  Manusia Individu (Tak memiliki teman) karena keinginannya memang butuh waktu untuk sendiri, jika dia sendirian (menjadi manusia individu) maka hal ini adalah sebuah keberhasilan
2. Manusia Individu (Tak memiliki teman) karena bukan keinginannya, karena padahal dia butuh kebersamaan, jika dia sendirian (menjadi manusia individu) maka hal ini adalah sebuah kegagalan

Penjelasannya adalah :

Poin 1 :
tak bisa kita sebut sebagai kesepian karena merupakan harapannya, manusia ini dia tidak kesepian


Poin 2:
bisa kita sebut sebagai seorang yang kesepian, karena selalu berharap orang-orang selalu disekitarnya maka dia adalah manusia kesepian

Dewasa ini banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menghindari rasa kesepian itu, namun cara-cara tersebut tidak berhasil mengatasi kesepian itu untuk tidak hadir kembali ia hanya mengatasi supaya rasa kesepian bisa hilang, namun tidak mencegahnya. 

Mengacu pada teori psikologi sosial disebutkan diatas, hal yang sangat harus kita lakukan adalah dengan menumbuhkan pikiran bahwa kita adalah makhluk individu. Kita memang membutuhkan mereka, namun tanamkan bahwa orang-orang yang berada di sekitar kita adalah orang-orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk selalu memperhatikan kita. DIJAMIN SUKSES MENCEGAH KESEPIAN.

Disamping hal itu (mencegah kesepian) dengan teori yang kita gunakan, ketika kita memiliki orang-orang yang perhatian pada kita, maka kita akan memiliki pemikiran untuk menghargai usahanya memperhatikan kita dengan selalu memberikan respon yang positif disetiap peristiwa yang kita lakukan dengan orang-orang tersebut, hingga hubungan yang dibina akan terus berjalan dan berkembang secara apa adanya, tidak dibuat buat (mencari perhatian) dan hubungan yang dibina akan terjaga keharmonisannya.

Sekian

Semoga menginspirasi

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Terimakasih atas kunjungannya. SIlahkan berikan komentar. :)