3 (Tiga) Amalan Shaleh Nabi Muhammad SAW

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam) 
Salam Sejahtera 
Asalamualaikum Wr. Wb.

Ada tiga amalan shaleh yang Nabi Muhammad SAW yang ia sampaikan kepada para sahabat yang saat itu bertanya langsung kepadanya :

1. Shalat pada waktunya, maksudnya bahwa kita diperintahkan untuk melaksanakan shalat tepat pada waktunya, ketika Adzan di kumandangkan maka kita harus segera hadir kerumah Allah untuk melaksanakan shalat secara berjamaah, namun ada beberapa hal yang dijadikan catatan para ulama dimaksudkan bahwa orang-orang yang diperintahkan bersegera untuk melaksanakan shalat adalah orang-orang yang sedang tidak melakukan urusan untuk akhirat, sedang orang yang sedang beraktivitas untuk akhirat maka mendapatkan toleransi seperti menunda shalat isya karena adanya majelis ta'lim dsb.

2. Menyayangi dan mencintai orang tua, banyak hadist yang menjelaskan bahwa ridhonya Allah adalah ridhonya orang tua, sampai-sampai dalam sebuah kejadian pada zaman Nabi Muhammad SAW, seorang yang memiliki orang tua yang kafir, maka si anak harus tetap mencintai dan menyayangi kedua orang tuanya sekalipun keudanya adalah kafir, namun sebisa mungkin kita membimbing mereka kembali kejalan Allah.

3. Berjuang dijalan Allah, pada zaman Nabi Muhammad SAW begitu banyak perperangan yang dilakukan nah ikut berperang membela agama Allah ini juga disebut berjuang dijalan Allah, namun secara umum jihad atau berjuang dijalan Allah bisa dengan berjuangan dengan menggunkan raga, jiwa, harta, ilmu pengetahuannya dan sebagainya yang terpenting adalah bahwa hal tersebut dijalankan hanya untuk Allah.

Demikianlah 3 amalan shaleh yang disampaikan oleh baginda rasul, semoga kita menjadi orang -orang yang demikian. Amin, Insyaallah.

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Terimakasih atas kunjungannya. SIlahkan berikan komentar. :)