3 (Tiga) Sikap Kita Pada Al-quran

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam) 
Salam Sejahtera 
Asalamualaikum Wr. Wb.

Manusia diciptakan Allah SWT pada dasarnya hanyalah untuk beribadah pada-Nya, begitu banyak lahan yang allah sediakan untuk kita supaya selalu beribadah pada-Nya bahkan makan pun meruapakan Ibadah bagi kita jika kita mengetahuinya, hanya saja terkadang kita lupa atau malah belum mengetahui sama sekali tentang berbagai macam ibadah yang disediakan Allah.

Salah satu ibadah yang bisa kita gunakan sekaligus memberikan manfaat yang luarbiasa untuk kehidupan kita sebagai petunjuk dalam menjalani hidup adalah dengan menggunakan media Al-quran yang meruapakan salah satu tanda bahwa manusia / sesorang muslim atau bukan dengan mempercayainya (Rukun iman ke 3).
sedikit celotehan : mengapa jika kita mempercayainya namun tidak benar benar mencari tahunya atau berusaha mendekatkan diri padanya ? Sayang bukan. Seharusnya dengan kita mempercayainya setiap langkah kita selalu yang terbayangkan adalah dia alquran (salah satu yang kita percayai).

lalu bagaimana caranya, supaya kita mampu selalu mengingatnya? ada tiga cara ampuh yang dapat kita gunakan yakni :

1. Membacanya (Membaca Al-quran) : Dengan membaca al-quran, artinya kita mulai memperkenalkan diri kepada al-quran, kita mulai berusaha mendekatkan diri padanya, namun hanya sebatas keindahan dan kedamaian yang kita peroleh setelah membacanya, dan ini belum tentu membuat kita akan lengket dengan al-quran.

2. Memahaminya (Memahami isi al-quran): Dengan memahami isi alquran setidaknya memberikan langkah baru kepada kita mengenai jiwa kita untuk berusaha dekat dengannya dengan memahami setiap isinya dan mengetahui isi yang ada didalam al-quran, dan ini akan membuat kita setidaknya akan jauh lebih dekat dengan al-quran jika dibanding kita hanya membacanya namun informasi yang dimuat didalam al-quran masih sangatlah general, sehingga kita membutuhkan as-sunah dan bimbingan para guru untuk memahaminya supaya tidak ada kekeliruan padanya.

3. Mengaplikasikannya (Mengaplikasikan al-quran): Dengan mengaplikasikan alquran, setelah kita membaca, memahami isinya selanjutnya barulah kita mulai melaksanakan apa apa yang dimuat didalam alquran seperti menjalankan apa yang diperintahkan allah serta menjauhi dan meninggalkan apa apa yang dilarang oleh Allah SWT.

Selanjutnya, berkaitan dengan Melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah (Taqwa), sikap manusia dapat dibagi menjadi kedalam 3 bagian pula :
1. Manusia yang zalim pada dirinya : adalah manusia yang hanya melakukan larangan Allah dan selalu meninggalkan perintah Allah.
2. Manusia 50 : 50 pada dirinya : adalah manusia yang melakukan perintah allah namun sayangnya dia juga melakukan larangan Allah 
3. Manusia Soleh dan solehah : adalah manusia yang melakukan perintah allah dan menjauhkan larangan Allah. 

itulah sikap-sikap kita pada alquran, selanjutnya sudah sejauh manakah sikap kita pada alquran ?
Mari sama sama kita selalu memperbaiki diri.

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Terimakasih atas kunjungannya. SIlahkan berikan komentar. :)