Perbedaan antara Dada Lebar dan Dada Sempit

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam) 
Salam Sejahtera 
Asalamualaikum Wr. Wb.

Didalam kehidupan didunia ini, terkadang banyak yang tiada yang mengerti, bahwa hidup kita selalu akan muncul kepermukaan masalah masalah yang luarbiasa. 

Namun terkadang kita juga lupa bahwa, apa apa yang diciptakan itu akan dikembalikan kepada allah, sama hal nya dengan masalah, masalah diciptakan allah sebagai ujian untuk kita supaya bisa melihat sebatas mana kekuatan kita, Baca (Mengapa kita harus mendapat ujian dari Allah). selaku manusia biasa tanpa pertolongan allah tak akan pernah sanggup menyelesaikan masalah masalah yang ada sekalipun masalah itu mudah bahkan rumit. intinya ketika masalah datang kunci jawabannya ada pada allah, kita kembalikan kembali pada allah.  

Nah, Masalah yang diberikan allah kepada kita sebagai ujiannya, setiap manusia memiliki kadarnya masing masing, setiap manusia tak sama kauntitas dan kualitas permasalahanya, Mengapa ?
Karena itu tergantung seberapa besar tempat kita untuk mampu menampung dan menahan permasalahan tersebut, seberapa lebar / lapang dada kita untuk menahan permasalahan tersebut.

Didalam QS. Adl-dluha dijelaskan cara-cara mengatasi masalah dan supaya memperoleh karunia allah, klik judul diatas. sedangkan didalan QS. Alam-nasyrah Allah SWT memaparkan mengenai cara-cara jitu setelah kita berusaha menghadapi ujian tersebut dengan cara didalam QS. Adl-dluha. Nah cara - cara sekaligus hasil perjuangan kita dengan menggunakan QS. Adl-dluha tersebut adalah :
1. Lapangkan dada
2. Tak usah takut, Allah telah menghilangkan beban dari kita yang memberatkan punggung kita
3. Allah akan meninggikan derajat kita (Nama kita)
4. Sesudah kesulitan akan datang kemudahan
5. Berjuanglah dikesulitan yang baru

Sebagai contoh : Sebuah keluarga memiliki beban dimana 3 orang anaknya sekolah dan dihidupi, namun sebuah keluarga lain memiliki sebuah pesantren berjumlah santri 8000 orang sekolah dan dihidupi akan tetapi keduanya bisa menjalankan hidup secara damai dan tentram. 

Nah dari contoh tersebut akan menggambarkan :
1. Kualitas iman sang diberi masalah oleh allah
2. Allah itu adil, memberikan masalah sesuai kemampuan umatnya, kelapangan dadanya
3. Semua masalah pasti akan ada jawabanya dari allah, yakni kemudahan.

Nah pertanyaannya seberapa besarkah masalah kita ?
Besar atau Kecilkah, Karena itu menunjukan kualitas iman kita. :)

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Terimakasih atas kunjungannya. SIlahkan berikan komentar. :)