Mengapa Kita Harus Mendapatkan Ujian dari Allah

Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

Ujian akan hanya diberikan kepada orang - orang yang berhak memperolehnya. 
Analoginya : 
1. Seorang siswa berhak mendapatkan ujian pada saat kelulusan, namun tidak semua orang bisa mengikuti ujian siswa tersebut.
2. Seorang yang akan mendaftar bekerja berhak mendapatkan ujian untuk bisa lulus ketahap berikutnya, namun tidak semua orang bisa mengikuti ujian ini. 
Setalah menghadapi ujian maka ada reward atau imbalan yang akan diterima oleh yang mengikuti ujian entah naik kelas atau diterima sebagai karyawan juga ada hukuman yang langsung dirasakan seperti tidak naik kelas, nilainya jelek, tidak diterima sebagai karyawan, atau diterima sebagai karyawan biasa.

Sama halnya Ujian yang Allah berikan kepada orang beriman, Ujian yang allah berikan hanya berhak diterima oleh orang - orang yang beriman, dan ada orang - orang yang tidak akan mendapatkan ujian ini, artinya semakin tinggi iman sesorang maka akan semakin tinggi pula ujian yang akan ia terima maka akan semakin terlihat pula kualitas iman seorang manusia. dan setelah ujian dilaksanakan maka allah akan langsung membalas nya tanpa menunda nundanya berupa nikmat yang banyak dan luas.

Didalam islam, Tidak ada halnya kata sia sia.
Sebagai contoh orang yang sakit semasa ia sakit tidak ada kata sia sia jika ia sakit, ia akan mendapatkan pahala jika ia mampu bersabar menahan sakitnya begitu pula kepada orang yang sehat ataupun mendapatkan nikmat dari allah, ia akan mendapatkan pahala jika ia mampu mensyukuri nikmat yang allah berikan. itulah bentuk salah satu keadilan dan kekuasaan allah yang mampu membuat peraturan sedemikian rupa.

Nah adapun ujian-ujian yang selalu Allah berikan kepada orang - orang yang beriman sesuai dengan Firman Allah QS. Al-baqarah ayat 155 menjelaskan bahwa adapun ujian yang allah berikan adalah berupa :
1. Sedikit rasa ketakutan 
Ada banyak hal yang diuji Allah pada rasa takut, seperti rasa takut pada Bos akhirnya meng-Tuhankan bos, rasa takut tidak naik kelas akhirnya mencontek dll. hanya orang yang berimanlah yang mampu mengatasi rasa takutnya dengan baik dan benar.

2. Sedikit rasa kelaparan 
Banyak contohnya pada zaman sekarang, gara gara lapar orang rela jual kehormatan, jual koran, jadi tukang parkir, pengemis, sampai jadi presiden, demi memenuhi kelaparan itu.

3. Kekuranga harta
Nah, kalo yang ini jelas, sampai sekarang pun semakin banyak masalah yang timbul apalagi korupsi, apa lagi yang ini dicapai melainkan karena kekurangan harta, dan masih banyak lagi contoh lainya tindak tindakan akibat kekurangan harta, namun hanya orang yang benar benar beriman lah yang mampu mengatasi nya dengan baik dan benar

4. Jiwa
Jiwa, kondisi batiniah seseorang entah sifat marah, sabar, pendengki dan sebagainya berbagai kondisi batiniah yang muncul sebagai reaksi dari kondisi lingkungan, namun hanya orang orang yang berimanlah yang mampu meletakan jiwa nya dengan baik dan benar pula

5. Kekurangan buah - buahan 
Apa bedanya lapar dengan kekurangan buah buahan, jika lapar merupakan akbiat yang timbul karena kondisi lambung yang lapar, namun buah buahan kita analogikan dengan usaha / pekerjaan yang dimiliki, membuat berbagai tindakan kita lakukan, merasa usaha yang satu kurang dibukalah usaha yanga lain dengan berbagai cara dilakukan, namun hanya orang orang yang benar benar berimanlah yang mampu mengatasi masalah ini dengan baik dan benar pula

Demikianlah 5 ujian yang selalu allah berikan pada kita, secara sadar atau tidak saat ini kita sedang merasakan cobaan itu. Sekian. Insyaallah bermanfaat.

Intinya mengapa kita harus memperoleh ujian dari allah, karena kita adalah orang orang yang terpilih, orang yang beriman pada allah, sebab jika tidak, kita tidak akan pernah merasakan jika itu adalah ujian dari Allah SWT.
SEMANGAT MENEMPUH UJIAN.

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Terimakasih atas kunjungannya. SIlahkan berikan komentar. :)