Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

Malam ini saya mendapatkan satu motivasi lagi dari salah seorang adik kelas saya sekaligus teman satu kontrakan saya. sebut saja namanya peby. (hehehe, memang namanya kok) terimakasih banyak ya teman. ini membuat saya semakin menjadi jadi untuk bermimpi. #hehehhehehe

berawal dari sebuah tindakan saya pada hari ini yang terlalu fokus pada project saya. apalagi kalo bukan masalah rumah kedua saya ini. (ardi's blog kalo difacebook dan No More buat blog nya). kebetulan hari ini saya gak ada jadwal buat ngampus sama sekali rencana nya adalah jumat ini dengan harapan semua nilai sudah benar ter-result semuanya. hingga saya tidak perlu boros bertemu dengan beliau (dosen saya) menanyakan hasil ujian kami itu.

sebagai mahasiswa yang saat ini sedang mengubah total yang dulu gila ke mall dan dirubah menjadi seorang yang selalu berkutik didepan layar datar menulis lihat sana sini baca sana sini coment sana sini tentu tidak lah semudah membalikan telapak tangan apalagi bagi orang sekitar kita yang biasa melihat kita sibuk dengan mempersiapkan diri berangkat ke mall lihat itu ini jadi orang yang hanya diam tak banyak masalah hanya didepan layar saja.  :D.

akhirnya malam ini puncaknya akhirnya pertanyaan itu muncul juga menghampiri saya, jujur saya sudah sangat lama mengidamkan pertanyaan ini. #soknya. xixixixi. sebenarnya dulu beberapa minggu yang lalu salah satu adek kelas saya juga nanda namanya dia juga sempat memberikan saran pada saya bahwa bagaiman kalau saya memposting pada blog memiliki jadwal khusus. namun saya sedkit jelaskan bahwa saya sengaja untuk beberapa ini tidak membuat jadwal khusus karena sedang masa masanya libur perkuliahan.

namun yang kali ini pertanyaan peby enak untuk dijadikan bahan diskusi.

kak, mang gak bosen ya didepan layar terus ?? 

dengan gaya kemenangan saya menjawab pertanyaan nya sembari senyum namun tetap serius.
gak dek, dan ini gak mungkin membosankan !

namun nampaknya peby sangat kurang setuju dengan jawaban saya, lalu tak berapa lama ia kembali melontarkan pertanyaannya sembari menambahkan argumen. 

lah kok bisa, bukannya sebuah aktivitas yang dilakukan secara terus menerus akan menciptakan sebuah kebosanan kak, sekalipun itu adalah sebuah hobbynya??

kembali senyum saya melebar dengan ungkapannya, nampaknya obrolan ini akan semakin panjang namun pada malam hari ini saya harus segera menselesaikannya. supaya semuanya jelas dan tidak memberikan jawaban yang menggantungkan sehingga dengan panjang lebar saya menjelaskan.
 


hmm, ini yang salah dek. 
ketika seseorang sudah menemukan hobbynya 
berarti ia sudah tahu sebenarnya dimana letak kemampuannya itu
artinya disitulah tempat ia beraktualisasi diri.

mengapa kebosanan bisa muncul karena pada aktulisasinya itu masih ada kekurangan 
dia tidak mahu tahu akan perkembangan apa yang sedang ia jalankan 
dan tujuan nya pun biasanya sangat pendek 
imrovementnya kurang !

melihat aksi peby yang mendengarkan dengan alot dan seksama membuat saya semakin tergugah untuk memberikan motivasi kepadanya. saya ingin sedikit banyaknya membuka jalan pikrannya tentang sebuah kemampuan dan talenta.


contohnya, saat ini mungkin peby tidak menyadari 
kalo kamu hobbynya maen game dan itu dianggap sepele 
kamu jangan salah sebenarnya disitulah aktualisasi kamu
peby harus memiliki impian yang lebih dengan game nya 


contoh pada saat peby berhasil 
memenangkan pertarung football game melwan komputer
peby boleh bangga namun peby jangan terlarut peby harus mampu berfikir
apa ia saya menang jika melawan lawan yang 
bukan computer anggaplah teman satu prodi. 
nah, pikiran itulah yang akan menyebabkan kamu 
menjadi lebih ingin meningkat lagi 
artinya walaupun sudah pada titiknya namun kamu tidak berpuas diri 
saat itulah bosan akan hilang.  



sedikit banyaknya peby mulai mengangguk angguk menandakan ia mengerti, namun saya tidak hanya sampai distu banyak contoh contoh yang saya berikan kepadanya mengenai aktulisasi diri terutama dari kisah kisah saya pada saat mengikuti organisasi menajdi EO ataupun dalam kehidupan saya sehari hari sehingga benar benar terlihat efect yang nyata apa pengaruh aktualisasi pada kita dan hubungan kita kepada sesama.


1. tindakan -tindakan yang memberikan tempat untuk aktualisasi teman.

2. ketika ingin memuji aktulisasinya, cobalah untuk belajar sepertinya namun jangan sampai terlalu over. anggaplah ia sebagai mentor saat itu.

3. ketika teman mengalami down terhadap aktuliasasinya, cobalah koreksi yang sebenarnya terjadi. penyebab dan sebagainya. lalau berikan solusi secepatnya dengan terlibat langsung didalamnya.


itu saja, seandainya percakapan kami punya rekamananya akan saya upload disini, sayangnya gak sempat buat rekam jadi seadanya sajalah semoga apa yang mau disampaikan tersampai dengan baik dan jelas dan jika rekan rekan masih penasaran dan butuh penjelasan tambahan bisa juga menghubungi saya di Ardi's  blog.

#gayanya, sudah sok seperti pengisi materi handal. wkwkwkwkwk :D

gak pa pa kan. ini kan aktualisasi saya, inget point pertama tuh.
heheheheheheh

sekian
semoga menginspirasi

6 komentar

  1. saya suka ngeblog dan blog walking, kadang bosen juga sih, tapi bosen itu tidak lama, esok sudah cinta mati lagi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga mas
      #gak mau ngalah, xixixixi

      hmm, bosen? mungkin kelamaan mas ngeblognya?

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya. SIlahkan berikan komentar. :)