Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb. 

bagi anda yang memiliki kendaraan roda dua maupun lebih, ada baiknya anda mengetahui hal berikut mengenai sistem lubrikasi.

Lubrikasi merupakan sistem pelumasan dan atau pendinginan yang dilakukan pada mesin dan komponen – komponen didalamnya untuk menjaganya supaya tidak mengalami gesekan (friction) dan keausan (wear) sehingga selalu dalam kondisi yang prima atau setidak – tidaknya mendekati prima.
Pada berbagai jenis mesin dan peralatan yang sedang bergerak, akan terjadi peristiwa pergesekan antara logam. 

Oleh karena itu akan terjadi peristiwa pelepasan partikel-partikel dari pergesekan tersebut. Keadaan dimana logam melepaskan partikel disebut aus atau keausan. Untuk mencegah atau mengurangi keausan yang lebih parah yaitu memperlancar kerja mesin dan memperpanjang usia dari mesin dan peralatan itu sendiri, maka bagian bagian logam dan peralatan yang mengalami gesekan tersebut diberi perlindungan ekstra dengan menggunakan pelumas.

Dalam pelaksanaannya, lubrikasi mesin harus memiliki beberapa indikator yang harus diperhatikan supaya lubrikasi yang dilakukan memiliki pengaruh yang optimal serta sesuai fungsi yang diinginkan pada mesin. Pada mesin – mesin baik kendaraan maupun sejenis diesel dan sebagainya terdiri dari komponen – komponen yang mendukung terjadinya proses lubrikasi, seperti mengendarkan oli keseluruh mesin, menyaring oli yang digunakan, memisahkan oli yang sudah dan belum digunakan dan hal – hal lainnya yang sangat berkaitan dengan sistem pelumasan, berikut ini beberapa komponen – komponen mesin

Dalam pelaksanaanya lubrikasi tidak dapat kita laksanakan dengan begitu saja tanpa adanya tata cara atau langkah – langkah yang pasti karena semuanya sangat berkaitan dengan mesin kendaraan jadi jika terjadi kesalahan sedikit maka akan sangat fatal yang terjadi pada mesin kendaraan itu sendiri.

Tujuan dari prosedur ini adalah untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana mengganti filter oli dengan spesifikasi pabrik. Sebelum menghapus suatu filter oli, pertama mengacu pada Manual Servis untuk kendaraan dan mengidentifikasi jenis filter yang dibutuhkan.


Download Materi


4 komentar

Terimakasih atas kunjungannya. SIlahkan berikan komentar. :)