Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.


Dari awal tahun 2010 hingga hari ini banyak berita-berita yang menyangkut pelanggaran ham terhadap tki baik dari media massa cetak, media massa elektronik dan lain sebagainya.
Pelanggaran ham terhadap tki ternyata menjadi pelanggaran ham terbesar yang sering terjadi di Indonesia selama dua tahun terakhir  ini setelah pelanggaran ham terhadap perempuan dan anak, bagaimana tidak tenaga kerja di Indonesia kebanyakan adalah perempuan dan kembali lagi jangankan bekerja diluar negeri didalam negerinya sendiri perempuan Indonesia tidak pernah merasa aman atau dengan kata lain masih mengalami kekerasan dan penganiayaan.
Selanjutnya pekerjaannya hanya sebagai seorang pembatu rumah tangga semakin menambah kerendahan martabat mereka atas pendangan orang yang memperkerjakan atau yang lebih kita kenal majikannya.
Akhir 2010 ini kasus yang sangat menggemparkan rakyat Indonesia adalah kasus pelanggaran ham yang dialami oleh sumiarti. Sumiarti adalah tenaga kerja Indonesia yang bekerja di negeri arabSaudi yang juga mengalami banyak pelanggaran haknya yang dilakukan oleh majikannya, salah satunya adalah penganiayaan yang terus berulang hingga sumiarti ditemukan setelah melarikan lari dari rumah majikannya.
Beberapa pelanggaran ham lain yang sering terjadi pada tenaga kerja Indonesia adalah sebagai berikut:
a.       Pelanggaran hak untuk memperoleh gajih yang sesuai dengan pekerjaan.
b.      Pelanggaran hak untuk memperoleh tindakan yang baik dari majikan.
c.       Pelanggaran hak untuk memperoleh informasi yang sejelas-jelasnya tentang mekanisme pembrangkatan menjadi TKI.
d.      Pelanggaran hak untuk bisa mengembangkan diri dan bekerja ditempat yang sesuai keinginannya tanpa ada paksaan dari siapa pun.
e.       Pelanggaran hak untuk memperoleh kehidupan yang layak selama menjadi tki seperti tempat tidur yang nyaman dan sebagainya.
f.       Pelanggaran hak untuk bias berkomunikasi dengan keluarga yang ditinggalkan di tanah air.
g.      Pelanggaran hak untuk menyampaikan pendapatnya.
h.      Pelanggaran hak untuk memperoleh pelayanan administrasi dari pemerintah sebagai haknya yang harus terpenuhi.
              Dari beberapa hak yang telah dilanggar hanyalah sebagian kecil dari pelanggaranyang pernah terjadi masih banyak pelanggaran hak terhadap tki yang telah terjadi di Indonesia.

2 komentar

  1. ur blog is really nice and interesting, You have maintain it so beautifully that I truly like & enjoy it
    Lexus ES250 AC Compressor

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok thanks.

      well, thanks for your informations..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya. SIlahkan berikan komentar. :)