Selamat Pagi (Selalu saya ucapkan walau kondisi malam)
Salam Sejahtera
Asalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulilah, menjelang peringatan kelahiran baginda rasulullah SAW yang dalam bahasa arabnya sering kita kenal dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, AVo ( Asy-syabab Voice) kembali diundang dalam acara peringatan tersebut. namun kali ini saya tidak akan menjelaskan secara panjang lebar mengenai AVo, namun saya akan mengajak rekan rekan sekalian berpetualang jauh kezaman sesaat setelah wafatnya baginda Rasulullah SAW.

sering kali kita mendengar ada beberapa orang yang mengucapkan bahwa peringatan ulang tahun ( hari kelahiran) adalah sesuatu yang bid'ah atau mengada-ada dari ajaran allah dan para rasulnya namun ada juga orang yang berkata bahwa peringatan tersebut semata mata karena kita mencitai orang yang kita sayangi, kembali kita mengenai maulid Nabi.

rekan - rekan, sebelumnya akan saya tegaskan sebuah larangan dari Allah SWT jika kekasih-Nya saja sudah diberlakukan larangan tersebut apalagi kita sebagai pengikutnya sebagai makhluknya yang tiada berdaya jangan kita, rasulullah adalah orang yang dosanya sudah dipastikan tidak memiliki dosa dan beliau akan masuk surga namun beliau begitu rajinnya ibadah dan menjaga diri dari perbuatan dosa.

rekan-rekan tentang maulid nabi, silahkan rekan-rekan telaah alquran dan hadist mengenai hari peringatan kelahiran tersebut, sudah dipastikan itu tidak ada sama sekali hukumnya, bukankah kita tahu bahwa yang disebut dengan hadist yang memperkuat ibadah sunnah kita adalah sebuah:

1. perkataan nabi Muhammad SAW
2. perbuatan nabi  Muhammad SAW
3. reaksi nabi Muhammad SAW

Rosullullah tiada pernah sekalipun merayakan hari kelahiran nabi yang lain ataupun para sahabat ataupun para pengikutnya.

sedangAllah SWT telah mengisyaratkannya melalui Firman-Nya didalam Al-quran :

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu 
agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu 
nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu 
jadi agama bagimu. 
(Q.S. Al Maidah: 3)

Ayat di atas menjelaskan bahwa agama islam telah sempurna tidak boleh ditambah dan dikurangi, maka orang yang mengadakan perayaan maulid Nabi yang dibuat setelah rasulullah shallallahu `alaihi wasallam wafat berarti menetang ayat ini dan menganggap agama belum sempurna masih perlu ditambah. Sungguh peringatan maulid bertentangan dengan ayat di atas.

banyak ulama yang berpendapat mengenai peringatan ini namun mereka pra shohih ini juga menambahkan bahwa mengenai kelahiran nabi Muhammad yang kepastiannya juga tidak diketahui, mengenai hal itu (klik disini), namun dengan penjelasan penjelasan diatas insyaallah semuanya akan terjawab.

hmm ya sedikit tambahan bagi rekan rekan yang masih ngotot mengenai definisi maulid nabi adalah sebagai bentuk rasa sayang dan cinta kita kepada Baginda Rosulullah SAW mungkin syair ini akan membantu.

لَوْ كَانَ حُبُّكَ صَادِقاً لَأَطَعْتَهُ إِنَّ المُحِبَّلِمَنْ أَحَبَّ مُطِیْعُ

Jikalau cintamu kepadanya tulus murni, niscaya engkau akan mentaatinya.
Karena sesungguhnya orang yang mencintai akan patuh terhadap orang yang dicintainya

#indah bukan syairnya, namun begitulah hakikatnya jika benar benar kita menyangi dan mencintai Rosulullah SAW, sudah pastinya kita akan patuh, taat, meninggalkan bi'dah dan bukan malah melakukan dan membuat ajaran baru seolah apa yang beliau bawa masih banyak kekurangan padahal ISLAM itu sudah sempurna tak perlu ditambahkan dan dikurang kurangi. :)

jika belum, rekan rekan bisa menambah pengetahuan, mengenai siapa sebenarnya pencetus maulid Nabi ini pada walanya.

Download disini

sekian semoga menginspirasi.

4 komentar

  1. Kalo menurut saya, kembali ke keyakinan masing-masing saja karena bila kita saling menyalahkan satu sama lain, saya khawatir akan menimbulkan konflik yang tentu lebih berbahaya drpada bid'ah. Sebaiknya kita berpegang pada Bagiku Agamaku, dan Bagimu Agamamu, sing penting rukun dan damai

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih khawatir mana bung muncul konflik atau terbawa aliran sesat, yang dipostingkan pak admin benar. lagian tidak ada salahnya, bukan surat al-ashr menganjurkan kita untuk saling nasehat menasihati dalam kebaikan ??? surat alkafirun ditujukan untuk kaum bukan islam bukannya islam dengan islam. :)

      Hapus
    2. Semoga umat muslim di seluruh dunia selalu teringat dengan perjuangan baginda Rasul kita Muhammad Shalallahualaihi wasalam...

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya. SIlahkan berikan komentar. :)